Advertisement

PHRI Bantul Keluhkan Penurunan Okupansi di Bantul

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 11 Maret 2024 - 17:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
PHRI Bantul Keluhkan Penurunan Okupansi di Bantul Ilustrasi hotel - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Okupansi hotel di Bantul menurun selama awal Ramadan 2024. Meski begitu, Pemkab Bantul berupaya meningkatkan event malam hari untuk mendorong peningkatan length of stay atau lama tinggal wisatawan.

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bantul Yohanes Hendra menyampaikan dalam dua hari belakangan terjadi penurunan okupansi hotel di Bantul. “Reservasinya mulai menurun dari kemarin, walaupun ini masih libur [Nyepi], karena Menteri Agama sudah memutuskan puasa tanggal 12 [Maret 2024], otomatis pesanan kamar sudah mulai turun dari kemarin,” ujarnya, Senin (11/3/2024).

Advertisement

Hendra menyampaikan dalam dua hari belakangan okupansi hotel di Bantul mencapai 30%, dari sebelumnya sekitar 45%-50%. Menurut Hendra penurunan okupansi hotel tersebut cenderung terjadi Ramadan. “Pasti seperti itu sudah rutin [penurunan okupansi], karena kegiatan Dinas ada tetapi dikurangi, musim kampanye anggaran habis, musim puasa,” katanya.

Baca Juga

Puasa, Kunjungan Wisata DIY Diprediksi Turun sampai 70%

Sederet Tempat Wisata Gratis Jogja yang Cocok untuk Buka Puasa

Rasakan Sisi Spiritual Ramadan di Istanbul

Dia pun berharap saat Idulfitri 2024, reservasi hotel di Bantul dapat meningkat kembali. Dia memperkirakan peningkatan tersebut akan terjadi sekitar H-6 lebaran. PHRI Bantul pun menargetkan okupansi hotel dalam kurun waktu tersebut berkisar 80%-85%. “Harapan kami libur hari raya kemarin lebih baik dari kemarin,” ujarnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul, Kwintarto Heru Prabowo menyampaikan Dispar Bantul tengah merancang beberapa event wisata malam hari untuk meningkatkan length of stay. Saat ini length of stay di Bantul masih berada pada angka 1,8 hari, sementara ditargetkan dapat menyentuh dua hari.

Dia berencana merancang event dengan durasi waktu yang lebih lama, sehingga dapat menahan wisatawan berkunjung lebih lama di Bantul. Dia menyampaikan perpanjangan durasi waktu penyelenggaraan event serta rencana penyelenggaraan event malam hari diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan sehingga berdampak pada peningkatan lama tinggal wisatawan. “Targetnya tidak hanya orang datang menonton acara kita tetapi juga berlama-lama disitu, makan di situ, beli oleh-oleh disitu,” katanya.

Dengan lama tinggal wisatawan semakin tinggi, dia berharap akan memberi dampak pula bagi masyarakat Bantul. “Dampak ekonomi di sektor ikutannya akan ikut semakin baik. Konsep pariwisata tidak sekadar konsep peningkatan PAD, tetapi bagaimana pengunjung semakin banyak, tinggalnya semakin lama dan belanjanya semakin banyak,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement