Advertisement

Omzet PKL Bendungan Super Kuliner Kulonprogo Naik saat Ramadan

Triyo Handoko
Selasa, 12 Maret 2024 - 23:37 WIB
Maya Herawati
Omzet PKL Bendungan Super Kuliner Kulonprogo Naik saat Ramadan Suasana Bendungan Super Kuliner yang cukup strategis dan ramaidiharapkanmeningkatkan omzetpara pedagangnya, Selasa (12/3 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kawasan pedagang kaki lima (PKL) Bendungan Super Kuliner yang baru diresmikan awal Maret lalu diharapkan para pedagangnya dapat segera meraup keuntungan pada Ramadan ini, Selasa (12/3/2024). Sebanyak 40-an PKL yang berada di kawasan itu mengaku terbantu dengan penempatannya sekarang di depan Pasar Bendungan, Kapanewon Wates itu.

Sebelumnya mereka berjualan di sepanjang jalan Jalan KH. Wahid Hasyim, Kalurahan Bendungan. Omzet para PKL sebelum dipindahkan ini hanya berkisar Rp200.000 per hari.

Advertisement

"Kami harap dengan tempat baru ini dan fasilitas-fasilitasnya dapat meningkatkan omzet dan keuntungan kami," kata seorang PKL Bendungan Super Kuliner, Yanuar Jati, Selasa (12/3/2024).

Yanuar yang menempati salah satu lapak di Bendungan Super Kuliner itu menyebut retribusi yang ditarik cukup murah hanya Rp5.000 per hari. "Listrik per bulan Rp25.000, cukup murah, lokasinya juga tertata rapi, kalau dibandingkan sebelum berpindah omzet sudah meningkat," katanya.

Kini omzet Yanuar dari berjualan aneka mie sebesar Rp300.000 seharinya. "Dulu hanya sekitar Rp200.000, pas puasa ini sudah mulai naik lagi, kemarin bisa Rp350.000," ujarnya.

Menurut Yanuar perlu diramaikan lagi Bendungan Super Kuliner tersebut. "Kalau makin ramai maka makin banyak yang tertarik mampir, mungkin bisa dengan event apa nambah penjual, karena sebenarnya masih banyak yang pengin jualan di sini tapi terbatas lokasinya," terangnya.

BACA JUGA: Empat Ruas Tol Ini Mengalami Kenaikan Tarif Jelang Lebaran 2024, Ini Rinciannya

Kawasan yang dulunya area pagar dan parkir Pasar Bendungan itu, jelas Yanuar, cukup strategis untuk jadi pusat kuliner. "Karena ada simpang lampu merah, dekat dari mana-mana saja jadi bagus juga diperluas," ungkapnya.

Penjabat Bupati Kulonprogo Ni Made Dwipanti Indrayanti yang meresmikan Bendungan Super Kuliner itu menyebut kawasan itu digagasnya sebagai ikon baru Bumi Binangun. "“Menciptakan suatu ikon yang menjadi simbol dari Bendungan Super Kuliner menjadi sangat penting untuk dilakukan, agar menarik minat dari masyarakat yang ingin mencari kuliner," katanya.

Promosi kawasan itu, jelas Ni Made, juga perlu ditingkatkan. "Memperhatikan kebersihan tempat dan kebersihan makanan juga penting untuk dilakukan, ketersediaan air bersih menjadi salah satu aspek penting yang harus ada," katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement