Advertisement

Gegana Polda DIY Musnahkan Granat Aktif Temuan Warga Pajangan

Jumali
Jum'at, 15 Maret 2024 - 12:17 WIB
Sunartono
Gegana Polda DIY Musnahkan Granat Aktif Temuan Warga Pajangan Tim Penjinak Bom (Jibom) Gegana Satuan Brimob Polda DIY saat memusnahkan sebuah granat aktif peninggalan Perang Dunia II di bulak sawah Padukuhan Sabrang, Kalurahan Triwidadi, Kapanewon Pajangan, Bantul, pada Jumat (15/3/2024) pagi - Humas Polres Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Tim Penjinak Bom (Jibom) Gegana Satuan Brimob Polda DIY memusnahkan sebuah granat aktif peninggalan Perang Dunia II pada Jumat (15/3/2024) pagi di bulak sawah Padukuhan Sabrang, Kalurahan Triwidadi, Kapanewon Pajangan, Bantul.

Granat tersebut sebelumnya ditemukan oleh warga di Padukuhan Kunden, Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pajangan, Bantul pada Rabu (13/3/2024) petang.

Advertisement

"Granat ini merupakan jenis granat nanas, dari cirinya merupakan sisa Perang Dunia II dan sifatnya masih aktif," kata Komandan Tim Gegana Jibom Gegana Satuan Brimob Polda DIY, Kompol Suripto.

BACA JUGA : Warga Temukan Granat Nanas saat Buat Tanggul di Pajangan Bantul, Begini Kronologinya

Pemusnahan granat nanas tersebut dilakukan dengan cara disposal. Disposal merupakan prosedural yang harus dilakukan terhadap pemusnahan bom.

“Standarisasi granat yang ditemukan speknya bukan pabrikan, sehingga tidak layak untuk disimpan. Jadi untuk lebih amannya, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kita lakukan pen-disposal-an atau pencerai-beraian,” lanjut Suripto.

Dalam kesempatan tersebut, Suripto juga mengimbau kepada masyarakat apabila menemukan benda-benda bahan peledak sisa peninggalan Perang Dunia II agar segera melaporkan ke kantor Polisi terdekat.

“Laporkan ke kantor Polisi terdekat apabila menemukan benda-benda yang berkaitan dengan bahan peledak peninggalan Perang Dunia II,” jelas Suripto.

Selain itu, warga dilarang mengkutak-katik temuan bahan peledak tersebut. “Jangan diperlakukan seperti dilempar ditekan, digesek, tidak boleh, karena kita ketahui bahwa sifat-sifat dari bom apabila terkena tekanan, gesekan maupun panas akan terpicu,” tandasnya.

Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan, sebuah granat nanas ditemukan seorang pekerja bernama Yuli Winarto, 41, yang tengah menggali tanggul di sungai Padukuhan Kunden. Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pajangan, Rabu (13/3/2024).

Saat mencangkul, Yuli tiba-tiba melihat benda yang bentuknya mirip dengan granat dari balik tanah yang digalinya. "Sekira pukul 17.30 WIB, ia (saksi) sedang mencangkul dan melihat serta mendapat benda yang setelah dilihat ternyata satu unit granat nanas," kata Jeffry.

BACA JUGA : TPST Piyungan Segera Ditutup, Begini Road Map Pengolahan Sampah di Bantul dan Kota Jogja

Mengetahui benda yang ditemukannya merupakan granat nanas, Yuli, kata Jeffry, langsung memberitahukan kepada rekan-rekan pekerja lainnya. Kabar temuan granat nanas itu pun diteruskan kepada warga lainnya.

"Kemudian, mereka bersama-sama mendatangi lokasi penemuan granat dan selanjutnya melaporkan kejadian itu ke Polsek Pajangan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement