Advertisement

Tak Cuma Puluhan Pohon Tumbang, Hujan Angin Kamis Malam Sebabkan Tanah Longsor

Triyo Handoko
Jum'at, 15 Maret 2024 - 15:37 WIB
Arief Junianto
Tak Cuma Puluhan Pohon Tumbang, Hujan Angin Kamis Malam Sebabkan Tanah Longsor Suasana evakuasi pohon tumbang di Kapanewon Nanggulan akibat hujan angin pada Kamis (15/3/2024). - Istimewea/Polres Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur Bumi Binangun pada Kamis malam (14/3/2024) menyebabkan 45 pohon tumbang. Hal itu mengakibatkan terputusnya akses jalan, jaringan listrik, serta bangunan rusak.

Tak hanya pohon tumbang, hujan angin itu juga menyebabkan tanah longsor di Kapanewon Kalibawang. Tanah longsor itu terjadi pada sebuah tebing di tepi jalan sehingga akses jalan warga terputus.

Advertisement

Kejadian hujan angin diperkirakan akan berlanjut beberapa hari ke depan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo menyebut sudah mendapat peringatan cuaca ekstrim dari BPBD DIY yang diprediksi akan terjadi pada Jumat malam hingga Sabtu (16/3/2024) besok.

"Sudah ada peringatan dari BPBD DIY akan ada cuaca ekstrem lagi berupa hujan angin, terutama badai pada Jumat malam nanti hingga Sabtu besok. Kami sudah teruskan peringatan ini, dan kesiapsiagaan akan ditingkatkan," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kulonprogo, Budi Prastawa pada Jumat (15/3/2024) siang.

Jika berdasarkan dua kejadian hujan angin terakhir, kata Budi, wilayah yang paling banyak dilanda berada di selatan Bumi Binangun. "Kejadian kemarin juga paling banyak berada di sisi selatan, dari Panjatan hingga Temon, termasuk Lendah. Tapi di bagian utara juga terjadi seperti longsor di Kalibawang itu," ungkapnya.

BACA JUGA: Hujan Lebat Angin Kencang di DIY

Sementara itu Polres Kulonprogo juga turut membantu evakuasi pohon tumbang yang terjadi pada Kamis malam kemarin. Total ada delapan kejadian pohon tumbang yang dibantu personil kepolisian itu.

Kasi Humas Polres Kulonprogo, AKP Triatmi Noviartuti menyebut kejadian pohon tumbang itu menyebabkan berbagai akses tertutup. "Di Nanggulan menyebabkan jaringan wifi terputus dan akses jalan terhambat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Bakal Susun Kursi Menteri hingga 40, Gerindra Membantah

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement