Advertisement

Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 4,6 Dirasakan di Lumajang Jatim Malam Ini

Abdul Hamied Razak
Senin, 18 Maret 2024 - 00:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 4,6 Dirasakan di Lumajang Jatim Malam Ini Gempa bumi lumajang jatim, Minggu (17/3/2024). Ist - bmkg

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya gempa bumi tektonik magnitudo 4,6 pada Minggu (17/3/2024) pukul 23.17.00 WIB di wilayah Lumajang, Jawa Timur (Jatim).

Kepala Stageof Sleman BMKG DIY Setyoajie Prayoedhie mengatakan berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M4,6.

Advertisement

BACA JUGA: Skor Chelsea vs Leicester City 4-2, The Blues Menang Dramatis Menuju Semifinal Piala FA

"Episenter gempabumi terletak pada koordinat 9.34° LS; 113.20° BT tepatnya di laut pada jarak 134 km arah Barat Daya Lumajang, Jatim dengan kedalaman 30 Km," ungkapnya melalui siaran pers.

Adapun jenis dan mekanisme gempa bumi di Lumajang itu, lanjut Ajie, bila memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya maka gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas pada zona subduksi.

Dampak guncangan gempa bumi di Lumajang dirasakan di daerah Lumajang dan Banyuwangi II MMI (Getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). "Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," paparnya.

Hingga berita ini dirilis, berdasarkan hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Meski begitu, Ajie tetap menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Hindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," pintanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kementan Kawal Sistem Pompanisasi Lahan Pertanian Atasi Dampak El Nino

News
| Sabtu, 27 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement