Advertisement

Demi Arus Mudik Lancar, Lubang di Jalur Utama Kulonprogo Mulai Ditambal

Triyo Handoko
Selasa, 19 Maret 2024 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Demi Arus Mudik Lancar, Lubang di Jalur Utama Kulonprogo Mulai Ditambal Ilustrasi perbaikan jalan. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Penambalan aspal dilakukan di sejumlah jalur utama di Kulonprogo. Hal itu dilakukan agar lalu lintas selama mudik Lebaran nanti lancar.

Penambalan aspal ini terutama dikerjakan di jalur utama yang terdapat lubang. Terbaru, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kulonprogo menambal beberapa titik jalan di Kapanewon Wates.

Advertisement

Pengerjaan penambalan aspal ini sudah diagendakan sebelumnya melalui program pemeliharaan jalan. "Survei juga masih kami lakukan untuk menentukan titik dan volume aspal serta kebutuhan lain untuk pengerjaan ini," kata Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan DPUPKP Kulonprogo, Wuriandreza Gigih Muktitama, Selasa (19/3/2024).

Gigih menyebut sasaran selanjutnya penambalan aspal akan dilakukan di Kapanewon Girimulyo. "Karena di sana juga jalan utama, perbatasan wilayah juga, ada beberapa titik yang sudah terdata untuk dilakukan penambalan," ungkapnya.

BACA JUGA: Pemudik Inilah Jalur Alternatif Masuk Gunungkidul

Lubang-lubang di jalur utama arus mudik nanti, kata Gigih, tentu mengganggu pengendara jalan. "Apalagi kalau volume kendaraan yang melintas bertambah saat arus mudik, tentu bisa menambah kepadatan jalan karena tidak lancar," terangnya.

Perbaikan Skala Besar

Penambalan jadi opsi pertama, menurut Gigih, lantaran mudah dilakukan dan efektif. Selain itu pengerjaan perbaikan jalan dalam skala besar baru akan dimulai setelah Lebaran. "Kalau perbaikan jalan skala besar sudah kami agendakan setelah Lebaran, tender dan kontrak baru bisa dilakukan setelah itu, jadi sementara dilakukan penambalan aspal ini," tuturnya.

Sementara itu jalan nasional di Bumi Binangun, menurut Gigih, dalam kondisi yang baik untuk arus mudik nanti. "Pantuan kami kalau jalan nasional baik-baik, jalur utama lainnya seperti jalan provinsi juga baik." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jakarta Tetap Ibu Kota Indonesia hingga Ada Penetapan Baru

News
| Senin, 29 April 2024, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement