Advertisement

Pasar Sore Ramadan Bantu Putar Perekonomian di Tingkat Bawah

Alfi Annisa Karin
Jum'at, 22 Maret 2024 - 13:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Pasar Sore Ramadan Bantu Putar Perekonomian di Tingkat Bawah Suasana pasar sore Ramadan Kampung Kauman yang berada di dalam gang - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Kegiatan pasar sore Ramadan tidak hanya sekadar menjadi rujukan tempat ngabuburit tetapi juga menjadi pengungkit perekonomian di tingkatan masyarakat paling bawah.

Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo menyebut pasar sore Ramadan ada hampir di semua kemantren di Kota Jogja. Misalnya saja pasar sore Ramadan Kelurahan Muja Muju Umbulharjo yang digelar di sepanjang Jalan Kerto. Ada juga Kelurahan Cokrodiningratan Jetis yang menggelar pasar Ramadan di halaman Kantor Harian Jogja. Lalu yang belakangan kembali viral adalah pasar Ramadan Kampung Kauman yang ada di dalam gang.

Advertisement

BACA JUGA: Gempa Magnitudo 6 di Tuban Tak Berpotensi Tsunami, Berikut Penjelasan BMKG

Penyelenggaranya pun bermacam-macam. Ada yang diinisiasi oleh ibu-ibu PKK, pemuda karang taruna,  pengurus masjid, hingga pokdarwis. "Saya melihatnya hampir di semua kemantren, euforia di masyarakat Kota Jogja cukup tinggi untuk memberikan layanan takjil dan pasar Ramadan," ujarnya.

Meski pelaku UMKM tak bisa berjualan di lokasi layaknya hari biasa, tapi setidaknya mereka tetap bisa menjajakan produk-produk di pasar Ramadan dan tetap mendapatkan pemasukan. Singgih mengaku turut mengapresiasi masyarakat yang menggelar pasar Ramadan. Ini menjadi cara untuk UMKM utamanya di tingkat kelurahan atau kemantren agar tetap hidup selama bulan Ramadan.

Selain itu, kegiatan ini juga berperan dalam memutar roda perekonomian secara keseluruhan di wilayah. Apalagi, Singgih melihat antusias masyarakat yang datang ke pasar Ramadan terbilang tinggi. Meskipun, di sisi lain dia belum melakukan survei terhadap jumlah perputaran uang yang terjadi dari kegiatan pasar Ramadan.

"Perputaran uang berapa, belum melakukan survei. Tapi semangatnya cukup bagus, respon pasar juga antusias. Ini akan memicu perputaran ekonomi di tingkatan yang paling bawah," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cegah Tawuran, Polisi Bubarkan Pemuda Nongkrong

News
| Minggu, 28 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement