Advertisement

Cek SPBU Kulonprogo, Polres Pastikan Sanksi Tegas untuk Pom Bensin Curang

Triyo Handoko
Jum'at, 29 Maret 2024 - 16:47 WIB
Arief Junianto
Cek SPBU Kulonprogo, Polres Pastikan Sanksi Tegas untuk Pom Bensin Curang Suasana pengecakan SPBU oleh Polres Kulonprogo untuk memastikan tak ada keccurangan. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pengecekan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dilakukan Polres Kulonprogo untuk memastikan tak adanya kecurangan di wilayahnya. Penindakan tegas akan dilakukan polisi jika ditemukan praktik kecurangan oleh SPBU di Bumi Binangun.

SPBU yang dilakukan pengecekan Polres Kulonprogo meliputi berbagai kapanewon, seperti Wates, Temon, Galur, Pengasih, Kalibawang, hingga Sentolo. Pengecekan dilakukan kepolisian dengan memastikan segel mesin pompa sesuai standar.

Advertisement

Polres Kulonprogo dari pengecekan SPBU itu memastikan pengurangan jumlah literan dan pencampuran dengan air di wilayahnya. "Pengecekan ini dalam rangka menjaga situasi kamtibmas yang kondusif menjelang pelaksanaan mudik lebaran, kami pastikan semua SPBU di wilayah Kulonprogo melayani masyarakat dengan baik, tidak ada kecurangan," kata Kanit 2 Satreskrim Polres Kulonprogo, Iptu Lukas Agus Merdeka Siburian dalam keterangan tertulisnya dikutip Jumat (29/3/2024).

Lukas menjelaskan seluruh polsek di Kulonprogo juga melakukan patroli untuk memastikan semua SPBU bekerja melayani masyarakat dengan baik. "Patroli dialogis dilakukan dengan petugas SPBU," terangnya.

Tindakan tegas akan diambil kepolisian, jelas Lukas, jika ada ditemukan praktik curang SPBU. "Kami akan menindak tegas bila menemukan kecurangan akan kami terapkan undang undang perlindungan konsumen," tegasnya.

BACA JUGA: Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Kegiatan pengecekan SPUB, lanjut Lukas, adalah kegiatan rutin tahunan yang dilakukan instansinya. "Kami juga lakukan pengimbauan kepada seluruh pengusaha SPBU agar tidak ada praktik curang," ujarnya.

Sementara itu Kapolres Kulonprogo AKBP Nunuk Setiyowati menyampaikan kegiatan patroli dialogis dan sambang SPBU ini adalah kegiatan rutin menjelang mudik dan libur lebaran mengingat mobilitas masyarakat meningkat.

"Kami mohon kerja sama seluruh masyarakat apabila menemukan kecurangan dalam pelayanan SPBU mohon kerjasamanya untuk laporkan kami atau bisa hubungi call center 110, pasti akan kami tindak lanjuti" ungkap Kapolres Kulonprogo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dituding Melarang Warung Madura Beroperasi 24 Jam, Ini Klarifikasi Kemenkop-UKM

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement