Advertisement

Viral Kasus Korupsi Timah Harvey Moeis: Warganet Tak Bisa Bedakan Dewi Sandra dan Sandra Dewi, Salah Hujat di Akun Instagram

Sunartono
Sabtu, 30 Maret 2024 - 03:57 WIB
Sunartono
Viral Kasus Korupsi Timah Harvey Moeis: Warganet Tak Bisa Bedakan Dewi Sandra dan Sandra Dewi, Salah Hujat di Akun Instagram Tangakapan layar komentar warganet. - Instagram.

Advertisement

Harianjogja.co, JOGJA—Warganet Indonesia dengan tingkat kesopanan paling buruk di Asia memang tak bisa disangkal lagi. Microsoft pernah mengumumkan tingkat kesopanan pengguna internet sepanjang 2020, lewat laporan terbaru Digital Civility Index (DCI) menempatkan netizen Indonesia urutan terbawah se-Asia Tenggara, alias paling tidak sopan.

Respons warganet Indonesia emosional dalam setiap kasus. Melakukan serangan membabibuta di kolom komentar pihak yang diserang sudah menjadi kebiasaan. Terbaru adalah kasus korupsi tambang timah yang melibatkan Harvey Moeis yang tak lain adalah suami Sandra Dewi. Kasus korupsi merugikan negara hingga Rp271 triliun yang memang bikin rakyat Indonesia marah.

Advertisement

BACA JUGA : Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN

Meski demikian apa pun alasannya menghujat tidak dapat dibenarkan. Apalagi hujatan itu salah sasaran. Netizen Indonesia justru menyerang di kolom komentar akun Instagram @dewisandra. Dugaannya warganet mengira Dewi Sandra adalah Sandra Dewi yang merupakan istri dari tersangka korupsi timah Harvey Moeis.

Padahal Dewi Sandra adalah artis kelahiran Brazil yang juga seorang mualaf dan berhijab sekaligus istri dari Agus Rahman dan sama sekali tidak terkait dengan kasus korupsi timah.

Tak sedikit akun Instagram dengan pengikut puluhan ribu bahkan sudah centang biru memberikan komentar miring atau salah sasaran.

Salah satunya akun centang biru @didi_w8 yang memberikan komentar sindiran. "Suaminya gimana kak". Komentar tersebut pun direspons 144 akun lainnya yang memberikan informasi bahwa salah akun.

Selain itu masih ada puluhan akun lainnya yang juga salah sasaran dengan menghujat di kolom koment Instagram Dewi Sandra. 

"jakat jakat nohh suami loo korupsi," tulis @story2024.

"Gimana tuh rasanya 271T," tulis akun @ellafransiska_.

"270 triliun itu duit semua kah kak?" tulis akun adhityasmurf.

"Bayar zakat pake duit korupsi boleh ga," followbarallah.

BACA JUGA : Kejagung Tetapkan Harvey Moeis Suami Artis Sandra Dewi Jadi Tersangka Korupsi Timah

Tak sedikit warganet berusaha menjelaskan bahwa komentar miring tersebut salah alamat. "Suami mbak dewi sandra namanya agus rahman jadi bukan yang ada di berita, jangan pada salah lapak," tulis akun @fa.and.story.

Hujatan tersebut jelas tidak dapat dibenarkan. Oleh karena itu warganet perlu bijak dalam merespons suatu informasi dan jangan asal memberikan komentar di medsos tanpa melihat data dan fakta yang cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement