Advertisement

Donor Darah Massal Digelar di Masjid Gede Kauman, Diikuti Ratusan Orang

Sunartono
Minggu, 31 Maret 2024 - 09:27 WIB
Sunartono
Donor Darah Massal Digelar di Masjid Gede Kauman, Diikuti Ratusan Orang Ratusan orang mendonorkan darahnya melalui aksi donor darah massal yang digelar di Masjid Gede Kauman, Kota Jogja, Sabtu (30/3/2024) sore. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ratusan orang mendonorkan darahnya melalui aksi donor darah massal yang digelar di Masjid Gede Kauman, Kota Jogja, Sabtu (30/3/2024) sore.

Plt Ketua PMI Kota Jogja Irjen (Purn) Haka Astana menjelaskan donor darah massal tersebut digelar PMI Kota Jogja bersama Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih serta Takmir Masjid Gede Kauman. Donor tersebut menargetkan perolehan sebanyak 520 kantong darah.

Advertisement

Pelaksanaan donor darah di saat puasa Ramadan sebagai upaya untuk mempertahankan stok darah sehingga layanan darah tetap bisa berjalan. Mengingat saat puasa, seringkali jumlah pendonor menurun, akan tetapi permintaan cenderung meningkat.

BACA JUGA : Info Stok Darah dan Lokasi Donor Darah di DIY Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

"Karena bulan ramadan ini pada umumnya di masjid ini banyak yang hadir baik melaksanakan untuk takjilan, maupun kegiatan keagamaan lain. Sehingga kami atas seizin takmir masjid mengambil jadwal di sini, dan setiap tahun kami melaksanakan supaya stok darah di PMI kota Jogja ini tidak stagnan," ujarnya.

Dewan Kehormatan PMI DIY GPH Indrokusumo menambahkan kegiatan donor darah tahunan itu mendapat respons positif dari masyarakat. Terbukti, meski berpuasa para pendonor tetap antre untuk mendonorkan darahnya.

"Kalau sore biasanya banyak masyarakat saat Ramadan ini jalan-jalan di sekitar Kraton, Masjid Gede, sehingga momentum ini tepat dengana danya kegiatan donor darah, mereka banyak yang datang. Tentu kami berterima kasih atas kepedulian masyarakat," katanya.

Ketua Takmir Masjid Gede Kauman Kraton Jogja Azman Latif menyambut baik pelaksanaan donor darah massal di Masjid Gede. Ia siap bekerja sama dengan pihak mana pun untuk kgiatan positif dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Di sisi lain, donor darah menurutnya menjadi salah satu aksi sosial mulai di bulan Ramadan.

BACA JUGA : Tumbuhkan Kepedulian dengan Donor Darah, Inilah Komitmen Garrya Bianti Yogyakarta untuk Berbagi dengan Sesama

"Bahwa setiap amal yang dilakukan di bulan ramadan itukan akan dilipat gandakan, termasuk kita beramal dengan berdonor darah itu akan dilipatgandakan pahalanya. Sehingga kami juga memotivasi kepada jemaah, donor darah di bulan ramadan itu insyaallah pahalanya lebih besar ," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement