Advertisement

Pemkab Sidak SPBE dan SPBU, Stok BBM dan elpiji di Sleman Dijamin Aman sampai Lebaran

Catur Dwi Janati
Senin, 01 April 2024 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Pemkab Sidak SPBE dan SPBU, Stok BBM dan elpiji di Sleman Dijamin Aman sampai Lebaran Suasana pengecekan ketersediaan BBM dan LPG di Sleman pada Senin (1/4/2024). - Istimewa/Pemkab Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Menjelang Hari Raya Idulfitri yang tinggal beberapa pekan lagi, ketersediaan BBM dan elpiji di Sleman terus dipantau. Hingga saat ini, stok BBM dan elpiji di Sleman diklaim masih mencukupi sampai Lebaran.

Pengecekan ketersediaan BBM dan elpiji dilakukan langsung oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, beserta jajaran OPD di lingkup Pemkab Sleman. Pengecekan dilakukan di SPBE Jatirata dan SPBU Dukuh. Dalam kegiatan ini, dilakukan pula tera ulang timbangan elektronik oleh UPT Metrologi.

Advertisement

Dari hasil pemantauan, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengungkapkan bila ketersediaan stok BBM dan elpiji di Sleman masih tercukupi hingga Lebaran nanti. Di samping itu Kustini juga melihat distribusi elpiji juga berjalan dengan baik. Sementara hasil tera ulang timbangan elektronik dalam toleransi standar. 

Merujuk dari serangkaian hasil yang ada, Kustini mengimbau agar masyarakat tak  perlu khawatir akan ketersediaan BBM dan elpiji menjelang Hari Raya Idulfitri. "Alhamdulillah persediaan di Sleman sudah cukup sampai nanti Lebaran. Sehingga kami mengharap kepada masyarakat supaya nanti beli secukupnya, karena stok masih ada," tutur Kustini, Senin (1/4/2024).

BACA JUGA: Diklaim Cukup, Pemkab Bantul Tidak Tambah Pasokan Elpiji 3 Kg Selama Ramadan

Dari data yang diperoleh, prognosa kebutuhan elpiji 3 kg pada Lebaran nanti mencapai 1,2 juta tabung per bulan. Sementara itu berdasarkan realisasi hingga bulan Maret, terpantau adanya over kuota sebesar 16%. Untuk mengatasi hal tersebut, Pemkab Sleman telah mengajukan surat perihal permohonan penambahan kuota elpiji 3 kg.

"Untuk persediaan masih banyak dan untuk proses supply berjalan dengan lancar. Sehingga stok untuk mencukupi kebutuhan masyarakat dalam menggunakan BBM maupun LPG untuk keperluan rumah tangga sudah lebih dari cukup," lanjutnya. 

Di sisi lain perihal harga, selama bulan Januari sampai dengan Maret ini, belum ada perubahan harga pada BBM bersubsidi. Untuk pertalite saat ini masih dibanderol dengan harga Rp10.000 per liter dan untuk minyak solar Rp.6.800 per liter. Ketersediaan stok ini diharapkan Kustini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menyambut lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement