Advertisement

Selama Maret 2024, Tiga Kali Kebakaran Terjadi di Kota Jogja

Lugas Subarkah
Rabu, 03 April 2024 - 16:47 WIB
Ujang Hasanudin
Selama Maret 2024, Tiga Kali Kebakaran Terjadi di Kota Jogja Pemadam Kebakaran - ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Jogja mencatat selama Maret 2024, terdapat tiga kejadian kebakaran di Kota Jogja. Sejumlah evakuasi non kebakaran juga banyak dilakukan selama Maret.

Kepala Dinas Damkarmat Kota jogja, Taokhid, menjelaskan tiga kebakaran terjadi di Kota Jogja selama Maret 2024, meliputi dua kebakaran kecil serta satu kebakaran besar yang menimpa kantor dan fasilitas umum di wilayah Kota Jogja. “Beruntung tidak ada korban jiwa dan luka dalam kejadian-kejadian ini,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (3/4/2024).

Advertisement

Kebakaran pertama terjadi pada Senin (18/3/2024), yang menimpa kabel di lingkungan sekolah SMA N 9 Yogyakarta di Sagan, Terban, Gondokusuman. “Api yang menyala segera diketahui dan segera dapat dipadamkan dengan APAR sehingga tidak menimbulkan kerugian lebih banyak,” ujarnya.

Kebakaran kedua terjadi pada hari yang sama, Senin (18/3/2024) di sebuah kantor hukum yang terletak di jalan Sukonandi, Semaki, Umbulharjo. Kebakaran menimpa box panel listrik. Kebakaran kecil ini juga dapat dipadamkan dengan cepat dalam waktu lima menit.

Kebakaran ketiga cukup besar, terjadi pada Sabtu (30/3/2024) pukul 04.30 di jalan Tukangan, Tegal Panggung, Danurejan. Dalam kejadian ini api melalap Balai RW Tegalkemuning. “Diduga kebakaran terjadi karena ada lilin yang menyala di dalam balai yang kemudian ditinggal pergi. Tiga Mobil Damkar dikerahkan untuk memadamkan kebakaran ini,” ungkapnya.

BACA JUGA: Korban Kebakaran di Semaki Jogja Terima Bantuan

Selama Maret 2024, Damkarmat Kota Jogja juga melaksanakan sejumlah operasi penyelamatan. Operasi ini diddominasi evakuasi sarang tawon sebanyak 31 kali, kemudian evakuasi ular 12 kali, pemotongan cincin sembilan kali, evakuasi kucing empat kali, penyelamatan hewan lain dua kali, serta enam kali evakuasi lainnya.

“Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal, lingkungan anda, maupun tempat usaha. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Jogja maupun kebutuhan penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Jogja.

Hotline Damkarmat Jogja yakni (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp di 0811 2828 113. “Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gobel Minta Jepang Ajari Smart Farming kepada Petani Muda Indonesia

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement