Advertisement

Tol Fungsional Solo-Jogja Dibuka, Kunjungan Wisatawan ke Candi Prambanan Diprediksi Meningkat

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 06 April 2024 - 06:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Tol Fungsional Solo-Jogja Dibuka, Kunjungan Wisatawan ke Candi Prambanan Diprediksi Meningkat Wisatawan mengunjungi kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan di Sleman, DIY. - Antara - Hendra Nurdiyansyah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pembukaan Tol Jogja Solo secara fungsional diprediksi akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Candi Prambanan selama libur lebaran 2024.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (TWC) atau Injourney Destination Management (IDM) Febrina Intan mengatakan kunjungan wisatawan ke Candi Prambanan diprediksi meningkat selama libur lebaran 2024. "Prediksinya sekitar 134.000 kunjungan selama Libur Lebaran 2024," katanya, dikutip Sabtu (6/4/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Selama Libur Lebaran Idulfitri, 6 April-18 April 2024

Menurut Survei Kementerian Perhubungan melalui Badan Kebijakan Transportasi, katanya, ada sekitar 11 juta pemudik yang datang ke wilayah DIY. Jumlah tersebut belum termasuk jutaan pemudik yang bakal ke Jawa Tengah. "Ya kami perkirakan 5-10 persennya berlibur ke destinasi IDM, yang akan mencari destinasi di sepanjang jalur mudik di Jawa Tengah dan DIY," kata Febrina.

Peningkatan kunjungan tersebut, tidak terlepas dari difungsikannya jalan tol yang menghubungkan Solo dengan Jogja selama libur lebaran. Dengan demikian, katanya, hal itu dapat memudahkan wisatawan untuk mengakses destinasi cagar budaya ini. Apalagi waktu tempuh perjalanan Jogja-Solo lebih cepat.

Pihaknya pun memastikan kesiapan seluruh destinasi wisata yang dikelola TWC untuk menghadapi lonjakan kunjungan wisatawan. "Berbagai persiapan baik internal maupun eksternal sudah disiapkan. Mulai sarana prasarana termasuk kesiapan unsur-unsur keselamatan, kenyamanan, ketersediaan sumber daya manusia (SDM) hingga beragam atraksi kami siapkan," katanya.

BACA JUGA: Viral Pernyataan Imam Masjid Jemaah Aolia Salat Idulfitri Setelah Telepon Allah, Begini Klarifikasi Mbah Benu

Injourney Destination Management berkolaborasi dengan para stakeholders untuk bekerja sama menghadirkan pelayanan prima bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke seluruh destinasi di antaranya Polda DIY, Polda Jawa Tengah, Kodim 0732 Sleman, Kodim 0705 Magelang, Jawa Tengah, serta Dinas Perhubungan setempat.

Selain itu, IDM juga bekerja sama dengan Rumah Sakit terdekat dari destinasi untuk menghadirkan tenaga medis serta ambulans yang proporsional di tiap destinasi. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang berkunjung ke destinasi.

Selain itu, Injourney Destination Management juga menggandeng Pemerintah Desa sekitar destinasi, untuk mempersiapkan layanan parkir kendaraan yang proporsional dan memadai bagi wisatawan. Kantong-kantong parkir yang tersebar di beberapa titik lokasi, ini dikelola secara utuh oleh pemuda dan masyarakat setempat.

“Kami memastikan kesiapan layanan yang prima dengan penambahan personel operasional dan petugas layanan dengan mengedepankan faktor keamanan dan kenyamanan wisatawan, baik berupa peningkatan sejumlah sarana di lapangan, serta bersinergi dengan stakeholder dalam menghadirkan pengalaman personal nan mendalam,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BPK Endus Sejumlah Masalah Penting dalam Izin Tambang Minerba

News
| Kamis, 19 September 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement