Advertisement

YIA Layani Ratusan Ribu Penumpang, Puncak Arus Balik Diprediksi Terjadi Besok Senin

Triyo Handoko
Minggu, 14 April 2024 - 17:07 WIB
Arief Junianto
YIA Layani Ratusan Ribu Penumpang, Puncak Arus Balik Diprediksi Terjadi Besok Senin Suasana Bandara YIApada area keberangkatan pada Minggu (14/4/2024). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Selama masa libur Lebaran hingga Minggu (14/4/2024), Bandara YIA sudah melayani 153.943 penumpang. Ratusan ribu penumpang itu terlayani dengan 1.114 pergerakan pesawat yang tercatat sejak 10 hari terakhir pada 3-13 April ini.

Terbaru pada Sabtu (13/4/2024) di bandara yang dikelola PT. Angkasa Pura I itu tercatat ada 14.606 dengan 91 pergerakan pesawat. Arus penerbangan di Bandara YIA kini kebanyakan adalah keberangkatan, setelah pada akhir Ramadan lalu didominasi arus kedatangan.

Advertisement

Stakeholder Relation Manager YIA, Ike Yutiane menjelaskan perkiraannya puncak arus balik akan terjadi pada Senin (15/4/2024) besok. "Trennya kini diperbanyak arus keberangkatan dari Bandara YIA di mana puncak arus balik terjadi pada Senin, 15 April besok," ucap dia, Minggu siang.

Puncak arus balik libur Lebaran, jelas Ike, diprediksi akan menampung 19.000 penumpang. "Selama puncak arus balik itu yang didominasi keberangkatan akan ada 19.000 penumpang baik kedatangan maupun keberangkatan," terangnya.

Ike menyebut arus keberangkatan yang mendominasi Bandara YIA sudah terjadi pada Sabtu kemarin dimana ada lebih dari 7.000 penupang yang tergolongang melakukan keberangkatan. Sedangkan pada Minggu terdapat 19.132 penumpang yang memadati Bandara YIA.

Dari 19.000 penumpang pada Ahad ini ada 10.000 penumpang dari kategori keberangkatan. "Hari ini ada 123 pergerakan pesawat," tuturnya.

Tujuan keberangkatan dari Bandara YIA itu, lanjut Ike, kebanyakan mengarah ke Cengkareng, Halim Perdanakusuma, dan Denpasar. "Semua terlayani dengan baik dan maksimal," katanya.

BACA JUGA: Bandara YIA Direncanakan Menerapkan Teknologi Pengenalan Wajah

Sementara itu seorang penumpang dengan tujuan keberangkatan Cengkareng, Jakarta, Silvana Asmika mengaku terlayani dengan baik di Bandara YIA. "Cukup baik pelayanannya, semuanya mudah dan terarah dengan baik, tidak bikin bingung," ujarnya.

Silvana yang ke Jogja untuk liburan ini menyebut akses menuju Bandara YIA juga mudah meskipun lebih jauh dibanding Bandara Adisucipto. "Tetapi semuanya tidak ada kendala, tidak macet juga tidak masalah." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement