Advertisement

Lebaran Lewat, Harga Daging Sapi di Bantul Mulai Turun

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 16 April 2024 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Lebaran Lewat, Harga Daging Sapi di Bantul Mulai Turun Ilustrasi daging sapi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pasca Lebaran, harga daging sapi di Bantul perlahan mulai turun.

Hal itu dibenarkan oleh Lurah Pasar Niten, Nur Wijaya. Dia menyampaikan pada 15-16 April 2024 harga daging sapi dalam dua hari terakhir cenderung stabil. "Harga daging sapi saat ini sudah kembali normal," katanya Selasa (16/4/2024).

Advertisement

Saat ini, kata dia, harga daging sapi kualitas 1 mencapai Rp140.000 per kg, sementara daging sapi kualitas 2 mencapai Rp125.000 per kg.

Padahal, sebelum Lebaran lalu harga daging sapi sempat meningkat. "Sebelumnya pada 9 April 2024, daging sapi kualitas 1 sekitar Rp150.000 per kg. Kalau daging sapi kualitas 2 sekitar Rp140.000 per kg," katanya.

Sekretaris Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Bantul, Husin Bahri menyampaikan tingginya harga daging sapi selama Lebaran lantaran meningkatnya kebutuhan masyakat terhadap daging sapi. Hal itu diduga memicu kenaikan harga daging sapi.

Selain itu, menurut Husin, pasokan daging sapi di Bantul yang sebagain didatangkan dari luar Bantul dinilai cukup berpengaruh dalam fluktuasi harga daging sapi di Bantul. "Pasokan daging sapi masih dari luar Bantul, antara lain dari Klaten, dan Boyolali," ujarnya.

Dengan mendatangkan daging sapi dari luar Bantul, kata dia, akan ada biaya transportasi yang harus ditanggung. Sehingga, harga daging pun akan ikut meningkat.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bantul, Joko Waluyo menyampaikan di Bantul ada 30 tempat pemotongan sapi dan kambing. Dari situ ada sekitar 50-60 ekor sapi yang di potong setiap hari.

BACA JUGA: Lebaran Usai, Harga Daging Sapi di Temanggung Kembali Normal

Menurut Joko, peternak sapi di Bantul masih menerapkan pola pembibitan sapi, bukan pola penggemukan. Saat ini menurut Joko ada sekitar 70 ribu ekor anak sapi di Bantul. Dengan pola pembibitan, peternak akan menjual anak sapi tersebut di usia 5-10 bulan.

Sehingga menurut Joko, Bantul masih harus bergantung pada suplai dari daerah lagi untuk sapi potong. "Banyak peternak kami baru mampu memelihara satu sampai dua ekor sapi saja," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement