Advertisement

PDIP Mulai Jaring Nama Bakal Calon Bupati Sleman Pekan Depan, Kader Diprioritaskan

Catur Dwi Janati
Selasa, 16 April 2024 - 20:27 WIB
Arief Junianto
PDIP Mulai Jaring Nama Bakal Calon Bupati Sleman Pekan Depan, Kader Diprioritaskan Ilustrasi Pilkada /Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—DPC PDI Perjuangan Sleman bersiap membuka pendaftaran bakal calon bupati Sleman untuk maju di Pilkada 2024. Penjaringan ini ditargetkan mulai dibuka pekan depan dengan memprioritaskan kader internal partai.

Ketua DPC PDIP Sleman, Koeswanto mengungkapkan jika pihaknya baru akan menggelar rapat internal terkait agenda penjaringan bakal calon bupati Sleman. Setelah rapat digelar, penjaringan bakal calon bupati Sleman akan dibuka secara resmi.

Advertisement

Targetnya, pekan depan penjaringan bakal calon bupati Sleman bisa dibuka. "Targetnya seminggu lagi [dibuka]," kata dia, Selasa (16/4/2024).

Dari internal partai, belum ada nama-nama yang mengajukan diri lantaran penjaringan belum dibuka. Namun kader internal dari PDI Perjuangan akan diprioritaskan sesuai dengan instruksi yang ada. "Belum ada, kan memang belum membuka. Tapi mesti ada," kata Koeswanto. 

"Karena pesan partai itu diprioritaskan kader," imbuhnya. 

Prioritas ini sejalan dengan instruksi partai untuk mendorong kader internal partai PDIP maju dalam kontestasi Pilkada 2024. "Kalau instruksi partai kan kami dorong kader," tegasnya.

BACA JUGA: Pilkada Bantul 2024, Golkar Bakal Usung Abdul Halim Muslih sebagai Calon Bupati

Koeswanto punya pandangannya sendiri jika kader internal partai yang diajukan dalam kontestasi Pilkada. Salah satu kelebihannya, pihaknya sudah mengetahui karakter hingga latar belakang dari kader partai yang diusung. "Kalau kader paling tidak kita sudah tahu latar belakangnya, karakternya," tandasnya. 

Nama-nama yang terjaring dalam pendaftaran akan diteruskan ke DPP PDIP. Koeswanto menegaskan tugas DPC hanya menjaring, sementara yang menentukan siapa calon yang bakal diusung sepenuhnya menjadi kewenangan DPP.

"Kami tidak akan menyeleksi, cuma yang namanya menjaring itu apapun dapatnya kami bungkus. Kami bungkus, kami kirim ke DPP lewat DPD, itu ketentuan yang sudah berjalan seperti itu," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement