Advertisement

Taman Pintar Dikunjungi 3 Ribu Lebih Wisatawan Sehari Selama Libur Lebaran

Lugas Subarkah
Kamis, 18 April 2024 - 17:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Taman Pintar Dikunjungi 3 Ribu Lebih Wisatawan Sehari Selama Libur Lebaran Pengunjung bermain di salah satu wahana di Taman Pintar, beberapa waktu lalu. - ist Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kunjungan wisata di Taman Pintar sepanjang libur Lebaran 2024 mencapai rata-rata 3.137 pengunjung per hari. Angka tersebut menunjukkan peningkatan jika dibandingkan dengan libur lebaran tahun sebelumnya.

Kepala Seksi Kerjasama dan Pemasaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Budaya Kota Jogja, Karmila, menjelaskan tren tersebut kurang-lebih sama, tetapi memang ada kenaikan jumlah kunjungan pada libur lebaran kali ini.

Advertisement

“Hitungan tersebut mulai dari H+2 lebaran. Jika tahun lalu rata-rata sebanyak 2.172 pengunjung per hari, pada lebaran tahun ini mencapai angka 3.137 kunjungan per hari. Seperti momen lebaran sebelumnya, pengunjung didominasi oleh rombongan keluarga dari luar kota,” ujarnya, Kamis (18/4/2024).

Pada libur Lebaran 2024, Taman Pintar memiliki dua peraga baru yang bisa dinikmati oleh pengunjung, yaitu peraga multimedia berupa Videobooth 360 derajat dan Peraga Manual Pump yang berada di Kampung Kerajinan.

“Peraga Manual Pump akan mengedukasi pengunjung tentang teknik pompa air manual yang dapat dicoba dengan memindahkan air melalui pompa dari satu titik ke titik yang lain menggunakan tekanan kaki seperti gerakan melangkah. Sedangkan Videobooth 360 dapat dinikmati hanya dengan biaya Rp15.000,” paparnya.

Baca Juga

Terus Meningkat, Taman Pintar Targetkan 800 Ribu Kunjungan Selama 2024

Akhir Tahun, Taman Pintar Kejar Target 30 Ribu Kunjungan Wisatawan

Ada Kenaikan! Ini Tarif Tiket Terbaru Masuk Taman Pintar Jogja

Sejak awal 2024, telah diberlakukan harga tiket masuk terbaru. Dari belasan wahana yang berada di dalam Taman Pintar, masing-masing besaran perubahan harganya bervariasi, rata-rata naik sebesar 3%. “Misalnya tiket masuk Gedung Oval Kotak yang semula dibanderol Rp12.000 untuk anak dan Rp20.000 untuk dewasa, kini berubah harga menjadi Rp14.000 dan Rp24.000,” katanya.

Meski harga tiket masuk mengalami sedikit kenaikan, menurut Mila tidak menyurutkan minat masyarakat untuk mengunjungi Taman Pintar. Hal tersebut dibuktikan dari jumlah kunjungan yang terus mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Penerapan tarif baru ini tidak berpengaruh pada kunjungan, masyarakat tetap antusias. Taman Pintar akan terus berinovasi memberikan layanan dan wisata edukasi terbaik serta menarik bagi pengunjung,” kata dia.

Karmila juga mengungkapkan rencana peremajaan dan pengembangan yang dilakukan tahun ini “Rencana tahun ini untuk peremajaan planetarium system dan pengembangan Dome area di Gedung Oval Kotak untuk menampilkan suasana baru bagi pengunjung,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Berselingkuh, Seorang Hakim Pengadilan Agama Dipecat Lewat Sidang Etik KY

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement