Advertisement

Tiga Tokoh Mendaftar Sebagai Calon Bupati Bantul dari DPD Golkar Bantul, Ada Akademisi hingga Mantan Lurah

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 22 April 2024 - 16:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Tiga Tokoh Mendaftar Sebagai Calon Bupati Bantul dari DPD Golkar Bantul, Ada Akademisi hingga Mantan Lurah Kepala Daerah - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Bantul mulai membuka pendaftaran bakal calon (balon) Bupati-Wakil Bupati (Wabup) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. 

Ketua DPD Golkar Bantul, Paidi menyampaikan Agus Santoso, Amin Purnomo dan Ali Rasyid telah mendaftar sebagai calon Wabup Bantul untuk Pilkada 2024. Pada hari pertama pendaftaran, ada tiga nama yang mendaftar sebagai calon Wabup Bantul.

Advertisement

BACA JUGA: Viral Sampah Menumpuk Selama Seminggu di Pasar Beringharjo Timur, Sudah Diangkut Sisakan Bau Menyengat

Sementara menurut Paidi masih ada beberapa nama lain yang mengkonfirmasi akan mendaftarkan diri sengaja Calon Bupati dan Wabup Bantul melalui DPD Golkar Bantul. 

"[Yang mengkonfirmasi akan mendaftar sebagai calon Bupati dan Wabup Bantul melalui DPD Golkar Bantul] ada Untoro [Untoro Hariadi, akademisi], Bejo [Bejo WTP, Lurah Canden] dan Mujiyat. Ketiga orang itu kemungkinan [mendaftar sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Bantul] pada  Selasa-Rabu [23-24/4/2024]," ujarnya, Senin (22/4/2024).

Dia menuturkan belum dapat memastikan ketiga nama tersebut pun belum dapat dipastikan akan mendaftar sebagai calon Bupati atau Wabup Bantul.

"Mereka sudah menghubungi dan ikut mendaftar terkait sebagai Calon Bupati atau Wabup [Bantul] belum konfirmasi," ujarnya. 

Sementara menurut Paidi, dari hasil penjaringan tim internal DPD Golkar Bantul  ada delapan nama yang mengkonfirmasi akan mendaftar sebagai calon Bupati dan Wabup Bantul pada Pilkada 2024. Meski begitu, menurut dia, delapan nama tersebut belum mengkonfirmasi apakah akan mendaftar sebagai calon Bupati atau Wabup Bantul. 

BACA JUGA: Jelang Pilkada 2024, Bawaslu DIY Mencermati Gerak-gerik Kepala Daerah Petahana

Dia menuturkan pendaftaran balon Bupati-Wakil Bupati akan diselenggarakan pada 22-24 April 2024 pukul 08.00-14.00 WIB. Setelah pendaftaran tersebut, akan hasil pendaftaran akan dilaporkan ke DPD Golkar DIY. Setelah itu, DPD Golkar DIY akan membuat laporan ke DPP Golkar.

Setelah itu, menurut Paidi, calon Bupati dan Wabup Bantul tersebut akan disurvei oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI). 

Menurut Paidi, biaya survei akan ditanggung bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bantul. Biaya survei yang akan ditanggung bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bantul sekitar Rp130 juta untuk 400 orang responden, dan Rp165 juta untuk 800 orang responden. Survei akan dilakukan pada April-Juli 2024. 

"Nanti hasil survei Agustus [2024]. Kita harus koalisi, setelah koalisi kita sepakati, kita akan mendaftar ke KPU," katanya. 

Sementara menurut Paidi, pihaknya akan berkoalisi lantaran hanya memiliki enam kursi di DPRD Bantul. Meski begitu, Paidi belum menyebut partai yang akan menjadi koalisinya. 

“Belum [partai koalisi]. Kita masih lobby dengan partai lain,” katanya. 

Diketahui pada Pilkada periode sebelumnya, DPD Partai Golkar terus berkoalisi dengan partai lain. Pada Pilkada tahun 2020, DPD Partai Golkar berkoalisi dengan Partai Gerindra, PKS, Nasdem, PPP dan PBB mengusung Suharsono-Totok Sudarto. Sementara pada Pilkada 2015, DPD Golkar Bantul berkoalisi dengan PDIP mengusung Sri Surya Widati-Misbakhul Munir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement