Advertisement

Pilkada 2024, KPU Kulonprogo Butuh Minimal 10 Orang PPK Tiap Kapanewon

Triyo Handoko
Rabu, 24 April 2024 - 16:57 WIB
Maya Herawati
Pilkada 2024, KPU Kulonprogo Butuh Minimal 10 Orang PPK Tiap Kapanewon Ilustrasi pemilu / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pendaftaran panitia pemilihan kapanewon (PPK) untuk Pilkada 2024 di Kulonprogo telah dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai Selasa (23/4/2024) hingga Senin (29/4/2024) mendatang.

PPK yang akan bertugas memastikan penyelenggaraan Pilkada di tiap kapanewon berjalan lancar itu dibutuhkan lima orang untuk bertugas.

Advertisement

Total kebutuhan PPK di Bumi Binangun sendiri sebanyak 60 orang yang akan tersebar merata ke 12 kapanewon. "Jumlahnya sama seperti Pemilu 2024 kemarin, tapi nanti kami juga akan menyiapkan cadangan karena masa tugasnya nanti delapan bulan," kata Ketua KPU Kulonprogo, Budi Priyana, Rabu (24/4/2024).

Budi menjelaskan lima orang cadangan untuk memastikan jika dibutuhkan untuk pergantian antar waktu bagi PPK yang mengundurkan diri. "Agar selama persiapan hingga akhir Pilkada nanti tidak kesulitan mencari pengganti dan didasarkan pada proses yang sesuai," katanya.

BACA JUGA: KPU Sleman Digugat Oleh Vendor Snack KPPS yang Sempat Viral

Proses seleksi PPK untuk Pilkada 2024 ini, jelas Budi, ada beberapa tahap dari seleksi administratif, ujian tes tulis, hingga wawancara. "Sekarang masa pendaftaran setelah itu dari dokumen administratif yang dilampirkan akan diseleksi, lalu tes tulis, dan terakhir wawancara," ujarnya.

KPU Kulonprogo menargetkan seleksi PPK rampung sebelum 15 Mei mendatang. "Pelantikannya pada 15 Mei lalu yang terpilih akan segera bertugas, untuk honor akan dibayar tiap bulan selama delapan bulan itu, besarannya sama saat Pemilu 2024 kemarin," jelasnya.

Honor PPK itu untuk anggota sebesar Rp2,2 juta perbulan, sedangkan untuk ketuanya Rp2,5 juta. "Proses seleksi ini juga mempertimbangkan bahan evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2024 kemarin, ada beberapa catatan," ungkap Budi.

Budi menyebut selain pengalaman, KPU Kulonprogo memerlukan PPK yang dapat bekerja dengan tim secara maksimal. "Ada yang secara kerja individu bagus, tapi kerja tim tidak. Itu salah satu bahan evaluasi kemarin saat Pemilu 2024," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sidang Eks Menteri Pertanian SYL, KPK Bawa 4 Saksi dari Kementan

News
| Senin, 06 Mei 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement