Advertisement

Penjabat Baru Bupati Kulonprogo, DPRD: Harap Transisi Kepemimpinan Cepat

Triyo Handoko
Sabtu, 04 Mei 2024 - 08:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Penjabat Baru Bupati Kulonprogo, DPRD: Harap Transisi Kepemimpinan Cepat Ketua DPRD Kulonprogo, Akhid Nuryati (tengah) saat memipin rapat paripurna rekomendasi atas LKPJ Penjabat Bupati Ni Made Dwipanti Indrayanti (kiri) pada akhir April lalu.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pergantian Penjabat Bupati Kulonprogo akan segera dilakukan mengingat masa jabatan penjabat saat ini berakhir pada Mei ini. DPRD Kulonprogo juga sudah mendapat surat terkait hal tersebut dari Kementerian Dalam Negeri.

Ketua DPRD Kulonprogo, Akhid Nuryati menjelaskan Penjabat Bupati Ni Made Dwipanti Indrayanti yang sudah bertugas hampir setahun ini akan digantikan. Akhid menyebut pergantian tersebut disampaikan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X saat safari syawalan Pemda DIY yang dihadiri Ngersa Dalem di Taman Budaya Kulonprogo pada pertengahan April lalu.

Advertisement

BACA JUGA: Bakal Calon Bupati Bantul Ini Sudah Pasang Puluhan Baliho Besar, Bawaslu: Tidak Melanggar

Keputusan pergantian penjabat bupati, jelas Akhid, memang kewenangan Gubernur DIY. "Dari yang disampaikan, Ngersa Dalem menyebut pengganti penjabat bupati akan fokus mengurus UMKM di Kulonprogo, kemungkinan besar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DIY," terangnya, Jumat (3/5/2024).

Akhid berharap dengan pergantian penjabat bupati itu dapat dilakukan transisi kepemimpinan yang cepat agar program pembangunan yang sudah ada dapat dilanjutkan. Selama ini saat jabatan bupati diemban penjabat sementara, menurut Akhid, transisinya berjalan lancar.

"Termasuk saat dari Pak Tri Saktiyana ke Ibu Ni Made, itu cepat saja transisinya. Kemungkinan ada koordinasi diantaranya keduanya, mana yang sudah dilakukan mana yang akan dilakukan itu dikoordinasikan dengan baik, sehingga tidak ada yang mengulang," ungkap Akhid.

Koordinasi antara penjabat bupati lama dengan yang baru, jelas Akhid, mesti dilakukan agar organisasi perangkat daerah juga lebih mudah melaksanakan program-programnya. "Kalau pejabat bupati baru langsung paham, kepala dinas dibawahnya tentu akan bekerja lebih mudah dan efektif, tidak mengulang lagi, kami berharap seperti itu," terangnya.

Soal pengembangan UMKM di Bumi Binangun yang didorong Sri Sultan HB X, lanjut Akhid, juga didukung DPRD Kulonprogo. "UMKM ini memang harus dikembangkan lebih besar lagi, perlu ada target ekspor juga kalau bai kami, agar pengembangan yang ada ini punya sasaran riil yang jelas," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menhub Budi Karya Sebut Pembangunan Infrastruktur Transportasi Meningkat Selama 10 Tahun Terakhir

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement