Advertisement

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT: Dispar dan DPRD DIY Gelar Pelatihan Kuliner di Kampung Wisata Purbayan

Media Digital
Rabu, 08 Mei 2024 - 04:17 WIB
Sunartono
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT: Dispar dan DPRD DIY Gelar Pelatihan Kuliner di Kampung Wisata Purbayan Kegiatan Pelatihan Kuliner 2024 Dispar DIY di Pendapa Lawang Pethuk Kampung Wisata Purbayan, Selasa (7/5) - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

JOGJA—Dinas Pariwisata (Dispar) DIY kembali menggelar pelatihan yang ditujukan bagi para pelaku wisata. Kali ini, pelatihan menyasar kepada warga Kampung Alun-Alun, Kelurahan Purbayan, Kemantren Kotagede.

Pembekalan yang diberikan fokus pada praktik pembuatan kuliner, di antaranya gecok ganem, pepes tempe, galantin Solo, carabikang, dan es kuwut. Kegiatan yang digelar di Pendopo Lawang Pethuk ini didukung sepenuhnya oleh DPRD DIY.

Advertisement

Salah satu anggota DPRD DIY, Muhammad Syafii, yang hadir sebagai pembicara menuturkan pelatihan ini penting untuk dilakukan. Sebab, kuliner merupakan salah satu penunjang majunya pariwisata di wilayah.

Menurutnya, kuliner akan menjadi hal yang paling dicari wisatawan saat berwisata. Dari segi makanan ringan, Kemantren Kotagede sudah punya berbagai macam pilihan kuliner khas, mulai dari roti kembangwaru, yangko, hingga kipo. Namun, dia tetap mendorong pengelola wisata untuk mencari kekhasan pada makanan berat, utamanya untuk alternatif sarapan, makan siang, dan makan malam.

"Saya melihat di Kota Jogja ini potensi kulinernya sudah sangat besar, sehingga kami ingin memastikan terutama di daerah yang kampung wisatanya sudah berkembang juga diiringi dengan berkembangnya wisata kuliner," kata Syafii saat ditemui di Pendopo Lawang Pethuk, Selasa (7/5).

Syafii mengatakan gaung eksistensi Kampung Wisata Kampung Purbayan Kotagede sudah sangat terdengar. Apalagi, Kampung Wisata Purbayan juga berhasil menyabet penghargaan tingkat nasional beberapa waktu lalu. Untuk itu, penggalian potensi lainnya termasuk kuliner perlu terus dilakukan. Pemerintah juga didorong untuk terus melakukan pendampingan.

"Dalam program ini, kami [DPRD DIY] juga ingin memberikan dukungan bahwa semangat yang sudah bagus ini perlu terus didukung dan difasilitasi, salah satunya dengan pelatihan ini," katanya.

Pelatihan kuliner bagi warga Kampung Wisata Purbayan ini digelar mulai 6 hingga 9 Mei 2024. Dispar DIY juga mendatangkan pemateri profesional di bidang kuliner dari Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta. Panitia Pelatihan Kuliner 2024 Dispar DIY, Erni Srijarwati, menuturkan sejauh ini antusiasme peserta pelatihan terbilang tinggi.

Peserta mempraktikkan secara langsung pembuatan berbagai kuliner dengan didampingi oleh pemateri. Menurut Erni, pelatihan ini digelar untuk meningkatkan keterampilan SDM di Kampung Wisata Purbayan. "Sehingga nanti bisa lebih siap dalam menyambut wisatawan," tuturnya. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Jenazah Pesawat Jatuh BSD Tiba di RS Polri, Posko Ante mortem dan Post Mortem Dibuka

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement