Advertisement

Gelaran Pentas Kesenian di Taman Perwira Hidupkan Wisata Pinggir Kali Code

Alfi Annisa Karin
Minggu, 19 Mei 2024 - 16:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Gelaran Pentas Kesenian di Taman Perwira Hidupkan Wisata Pinggir Kali Code Pertunjukan kesenian tari tradisional di bantaran Kali Code tepatnya di Taman Perwira Prawirodirjan, Minggu (19/5/2024) - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, GONDOMANAN— Meski kondang sebagai rujukan wisata namun Kota Jogja punya keterbatasan berupa sempitnya lahan dan wilayah. Untuk itu, perlu beragam variasi wisata, selain destinasi-destinasi favorit seperi Tugu Jogja ataupun kawasan Malioboro.

Kepala LPMK Kelurahan Prawirodirjan Sodiq Ridwanto menuturkan pihaknya turut menawarkan wisata di bantaran Kali Code. Untuk menggaungkan eksistensinya, berbagai aktivitas atraksi kesenian dilaksanakan di kawasan wisata Taman Perwira Prawirodirjan, Minggu (19/5/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Bus Rombongan Study Tour Sleman Kecelakaan di Bali, Disdik Pastikan Seluruh Penumpang Selamat

Di antaranya adalah pertunjukkan gejok lesung Sanggar Watu Ngelak yang dimainkan oleh 15 ibu-ibu. Lalu, ada juga berbagai pertunjukkan tari tradisional dan potensi kuliner lokal khas Prawirodirjan. "Harapannya melalui even semacam ini bisa menjadi pendongkrak obyek wisata Taman Perwira ini," ungkap Sodiq, Minggu.

Dia menjelaskan, Taman Perwira semula adalah hunian yang tak berizin dan tidak tertata. Lalu, kawasan kumuh itu diusulkan menjadi ruang terbuka hijau publik sebagai wadah kegiatan masyarakat.

Sodiq menyebut, kegitaan seperti senam lansia dan warga sudah rutin dilkasanakan setiap Sabtu dan Minggu. Ke depan, Taman Perwira akan menjadi kawasan kuliner bagi pelaku UKM di Kelurahan Prawirodirjan.

Dia yakin atraksi tersebut akan menarik perhatian warga untuk datang. Sebab, Taman Perwira telah dilengkapi denyan fasilitas amphiteater, pendopo, hingga kolam ikan. "Ini menjadi daya tarik atau sekadar taman bermain di sore hingga malam hari," tuturnya.

BACA JUGA: Sultan Ingatkan Lurah Manfaatkan TKD Untuk Kesejahteraan Masyarakat Desa, Bukan Keuntungan Pribadi

Sementara, Anggota Komisi B DPRD DIY RB Dwi Wahyu Budiantoro menyebut kegiatan semacam ini perlu lebih banyak dilaksanakan. Ini menjadi cara promosi Taman Perwira sebagai salah satu alternatif wisata di Kota Jogja.

"Kita mendorong masyarakat untuk memanfaatkan wisata di pinggir kali," tuturnya.

Di sisi lain, Dwi mengatakan keterbatasan lahan tak bisa jadi alasan pariwisata di Kota Jogja tidak berkembang. Sebab, menurutnya sebanyak 80 persen penduduk Kota Jogja merupakan pelaku UMKM.

Ketika wisatawan hadir ke Kota Jogja, maka diharapkan bisa membeli produk oleh-oleh yang diproduksi warga Kota Jogja, sehingga ekonomi berputar. "Pinggir kali akan menjadi tempat yang seksi untuk dijadikan salah satu destinasi wisata," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 12 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dampak Topan Super Yagi di China, Dilaporkan 3 Tewas, 95 Terluka dan 1,2 Juta Warga Terjebak di Zona Bencana

News
| Minggu, 08 September 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement