Advertisement

Disbud Kota Jogja Gelar Kompetisi Mendongeng Berbahasa Jawa, Hadiah Jutaan Rupiah

Media Digital
Rabu, 22 Mei 2024 - 17:47 WIB
Ujang Hasanudin
Disbud Kota Jogja Gelar Kompetisi Mendongeng Berbahasa Jawa, Hadiah Jutaan Rupiah Disbud Kota Jogja Gelar Kompetisi Mendongeng Berbahasa Jawa. - Ist

Advertisement

JOGJA—Sebagai bagian dari agenda kompetisi bahasa dan sastra Kota Jogja 2024, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Jogja menggelar kompetisi mendongeng bagi warga ber-KTP Kota Jogja. Penyelenggaraan kompetisi mendongeng ini sudah kali ketiga sejak tahun 2022 lalu.

Kompetisi ini terbuka untuk seluruh warga pada semua usia. Materi cerita diambil dari idiom-idiom atau petuah-petuah Jawa dan disampaikan menggunakan bahasa Jawa. Peserta diperbolehkan menggunakan alat peraga pendukung yang sesuai dengan materi cerita. Selain itu peserta juga diperkenankan menggunakan busana kreatif sesuai muatan isi yang disampaikan. Kriteria penilaian terdiri dari alur cerita (35%), ekspresi (30%), intonasi (20%), dan kreativitas (15%). Ketentuan teknis kompetisi dapat diunduh di tautan berikut ini: bit.ly/JuknisKompetisi2024

Advertisement

Seleksi dilakukan secara bertahap berupa seleksi video untuk memilih 10 nominasi. Pengiriman file video ditunggu sampai 24 Juni 2024. Tautan pengiriman file di https://bit.ly/DaftarKompetisiBahasa2024. Pengumuman lolos seleksi video pada 5 Juli 2024 melalui akun Instagram Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta. Babak final akan dilakukan secara langsung pada 16, 17, dan 18 Juli 2024 di Taman Budaya Embung Giwangan.

Ketentuan video yang dikirimkan memperlihatkan seluruh badan peserta (bukan close up). Video dan audio yang dikirim tanpa melalui proses editing (video dan audio utuh dari awal sampai akhir, bukan gabungan dari potongan-potongan). Pengambilan video dalam format landscape (horisontal). Format video dalam bentuk MP4. Durasi video paling lama 10 menit. File Video diberi nama Mendongeng (spasi) Jenjang (spasi) Nama (spasi) Kemantren Contoh : Mendongeng Umum Andi Wirobrajan.

BACA JUGA: Debt Collector Rampas Mobil Wisatawan di Parkiran Gembira Loka, Polisi Tetapkan 5 Tersangka

Panitia menyediakan hadiah bagi 5 pemenang berupa uang pembinaan, tropi dan sertifikat. Juara pertama sebesar Rp1.400.000, juara kedua Rp1.200.000, juara ketiga Rp1.000.000, juara harapan pertama Rp800.000, juara harapan kedua Rp600.000.

Pemenang pertama, kedua dan ketiga akan menjadi bagian dari Kontingen Kota Yogyakarta untuk maju pada Kompetisi Bahasa dan Sastra di tingkat DIY.

Kompetisi ini selain ajang untuk mengekspresikan kreativitas dan bakat dalam mendongeng, juga sebagai bentuk pelestarian dan penghargaan terhadap budaya serta bahasa Jawa yang kaya akan nilai-nilai luhur.

"Dengan tema yang diangkat dari idiom-idiom dan petuah-petuah Jawa, kami berharap para peserta dapat menggali dan menyampaikan kebijaksanaan tradisional yang relevan dengan kehidupan saat ini," tutur Kepala Seksi Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Ismawati Retno, S.I.P, M.A, di ruang kerjanya Rabu, 22 Mei 2024. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

UMKM Daerah Mitra Kota Nusantara Difasilitasi Pinjaman Tanpa Agunan

News
| Sabtu, 06 Juli 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Mencicip Nasi Jamblang Khas Cirebon di Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 06 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement