Advertisement

Ratusan Jemaah Haji Asal Kulonprogo Mulai Diberangkatkan Pekan Ini, Segini Jumlah Lansianya

Catur Dwi Janati
Jum'at, 24 Mei 2024 - 22:57 WIB
Arief Junianto
Ratusan Jemaah Haji Asal Kulonprogo Mulai Diberangkatkan Pekan Ini, Segini Jumlah Lansianya Suasana pemberatan jemaah haji asal Kulonprogo diberangkatkan pada Kamis (23/5/2024). - Istimewa/Pemkab Kulonprogo 

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Ratusan jemaah haji asal Kulonprogo mulai diberangkatkan pekan ini. Sekitar sepertiga dari jemaah haji asal Kulonprogo yang diberangkatkan tahun ini merupakan jemaah kategori lanjut usia (lansia).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kulonprogo, Wahib Jamil mengungkapkan 353 jemaah calon haji yang berangkat pekan ini tergabung dalam Kloter 46 SOC. Mereka dilepas berangkat bersama dua orang petugas daerah. Pada tahun ini, Kabupaten Kulonprogo memberangkatkan sebanyak 377 jemaah untuk melaksanakan ibadah Haji 1445 Hijriah. Ratusan jemaah tersebut terbagi dalam dua kloter yaitu Kloter 46 dan Kloter 100.

Advertisement

Salah satu jemaah yang diberangkatkan pasa Kloter 46 adalah Ahmad Saifuddin Rois, 72, warga Banjarharjo, Kalibawang. Kesehariannya adalah pembuat slondok, camilan kerupuk terbuat dari ketela. Dengan segala keterbatasan yang ada, Ahmad tetap semangat berangkat haji tahun ini.

Wahib pun sangat mengapresiasi usaha Ahmad dalam mewujudkan keinginannya untuk pergi Haji ketanah suci. "Semoga semangat ini menginspirasi para generasi muda, jika yang sudah sepuh mempunyai semangat yang besar maka para pemuda harus mempunyai usaha dan semangat yang lebih besar, untuk melaksanakan rukun islam yang ke-5 yaitu Haji ke tanah suci," kata Wahib pada Jumat (24/5/2024).

Jemaah calon haji dalam Kloter 46 akan transit terlebih dahulu di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah. Mereka lalu diberangkatkan ke Jeddah, Arab Saudi pada 24 Mei 2024 melalui Bandara Adi Sumarmo Boyolali.

BACA JUGA: Calon Haji Kulonprogo Mulai Diberangkatkan, Jemaah Paling Tua Berusia 90 Tahun

Sementara untuk Kloter 100 yang terdiri dari 24 jemaah baru akan dilepas berangkat menuju Asrama Haji Donohudan pada 9 Juni 2024 nanti. Kloter ini diterbangkan ke Jeddah keesokan harinya pada 10 Juni 2024. 

Wahib menambahkan bila kondisi jemaah yang diberangkatkan dipastikan dalam kondisi sehat untuk menjalani ibadah Haji di Mekkah. Tahun ini ada sebanyak 114 jemaah haji kategori lansia yang berumur di atas 65 tahun. "Kami juga memberikan fasilitas kursi roda bagi 17 jemaah yang membutuhkan," ungkapnya

Pj. Bupati Kulonprogo, Srie Nurkyatsiwi yang ikut melepas keberangkatan jemaah Haji asal Kulonprogo pada Kamis (23/4/2024) di Masjid Agung berharap para jemaah diberikan kelancaran dalam melaksanakan ibadah. Siwi berpesan kepada jemaah untuk terus menjaga kesehatan, baik fisik maupun mental rohaninya. "Mengingat saat ini kita sudah memiliki Bandara Internasional YIA yang terletak di Temon, Kulonprogo, tentunya harapan kita suatu saat nanti kita memiliki embarkasi sendiri yang terletak di Kabupaten Kulonprogo."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ibadah Haji 2024, DPR Segera Bentuk Pansus untuk Evaluasi

News
| Senin, 17 Juni 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement