Advertisement

Akses Program Pemberdayaan Pemuda DIY Dibuka Lebar

Media Digital
Minggu, 26 Mei 2024 - 20:53 WIB
Mediani Dyah Natalia
Akses Program Pemberdayaan Pemuda DIY Dibuka Lebar Anggota Komisi D DPRD DIY, Umarudin Masdar (tengah) menjadi narasumber dalam Sosialisasi Kepemudaan yang digelar di Miri, Pendowoharjo, Kapanewon Sewon, Bantul, Jumat (24/5/2024). Stefani Yuliandri - Harian Jogja

Advertisement

JOGJA—DPRD DIY DIY bersama Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY menggelar Sosialisasi Kepemudaan di Miri, Kalurahan Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Jumat (24/5/2024). Sosialisasi itu digelar untuk menyosialisasikan berbagai program kepemudaan dari Pemda DIY yang dapat diakses pemuda DIY.

Anggota Komisi D DPRD DIY Umaruddin Masdar yang hadir dalam sosialiasi tersebut menyampaikan DPRD DIY bersama Pemda DIY memiliki komitmen yang sama untuk mendorong pemberdayaan serta peningkatan kapasitas bagi generasi muda.

Advertisement

Menurutnya, generasi muda merupakan pilar yang penting untuk mendorong perkembangan DIY. “Karena mereka-mereka inilah, generasi muda inilah yang nantinya meneruskan pembangunan yang tengah dilakukan oleh pemangku kepentingan di DIY saat ini,” ucap Umarudin.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menilai pentingnya pembekalan pemuda dengan pengetahuan, keterampilan serta karakter untuk dapat menjadi generasi penerus bangsa yang unggul.

Menurut dia, penanaman nilai-nilai yang unggul pada generasi muda perlu dilakukan sejak usia dini. Beberapa nilai yang perlu ditanamkan pada generasi muda antara lain nilai kedisiplinan, kerja keras dan kejujuran. “Dengan begitu, generasi muda akan memiliki bekal karakter yang baik. Ketika karakter yang baik sudah terbentuk, pemuda dapat mengembangkan keterampilan dan pengalamannya agar menjadi SDM yang unggul, yang dapat memajukan daerahnya,” katanya.

DPRD DIY bersama Pemda DIY, ucap Umarudin, menyediakan berbagai pelatihan yang dapat diakses generasi muda untuk mengembangkan kemampuan dan menambah pengalamannya. Beberapa pelatihan yang dapat diakses generasi muda antara lain pelatihan digital marketing dan program pertukaran pelajar ke luar DIY. Selain itu, ada pula beasiswa bagi mahasiswa berprestasi yang kurang mampu.

Kepala Seksi Pemuda BPO DIY Rini Admiwati menyampaikan ada beberapa program yang dapat diakses oleh pemuda di DIY, antara lain program pertukaran pemuda antarprovinsi, pelatihan digital marketing, serta program pemuda pelopor.

Dia berharap pemuda DIY dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk meningkatkan kapasitasnya. “Silakan pemuda-pemudi yang ada memanfaatkan kesempatan tersebut,” ujarnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement