Advertisement

Gelar Latihan, Kelurahan di Jogja Ini Hidupkan Lagi Orkes Kentongan

Alfi Annisa Karin
Kamis, 30 Mei 2024 - 21:47 WIB
Arief Junianto
Gelar Latihan, Kelurahan di Jogja Ini Hidupkan Lagi Orkes Kentongan Pelatihan orkes kentongan di Kelurahan Keparakan beberapa waktu lalu. - Istimewa/Kelurahan Keparakan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak empat kampung di Kelurahan Keparakan mengikuti pelatihan orkes kentongan beberapa waktu lalu. Kegiatan ini digelar untuk melestarikan kentongan sebagai alat musik agar tak lekang dimakan zaman.

Pelatihan orkes kentongan dibuka oleh Lurah Keparakan, Yusup Ahbari. Menurutnya, pada masa perang kemerdekaan lalu kentongan digunakan sebagai alat komunikasi untuk memberi kabar situasi bagi para pejuang pada saat itu.

Advertisement

Kentongan dibunyikan dengan cara dipukul dengan pola tertentu. Makna dari masing-masing pola juga berbeda-beda. Mulai dari tanda aman, siaga, maupun situasi gawat darurat. Namun, di sisi lain kentongan juga punya fungsi sebagai alat musik.

BACA JUGA: Kentongan Sebagai Jam sampai Pengusir Monyet Ekor Panjang

Dia mengatakan, sejatinya sudah sempat ada orkes kentongan di wilayahnya yang diberi nama Orkes Kentongan Sukorena. Namun, seiring berjalannya waktu banyak anggota yang sudah berusia sepuh. Melalui kegiatan ini, dia ingin kembali menghidupkan orkes kentongan yang ada di Kelurahan Keparakan.

"Tidak ada salahnya apabila alat musik ini bisa dilestarikan agar generasi mendatang masih dapat menyaksikan dan memainkannya," ujarnya.

Dia turut menghadirkan dua narasumber yang datang  dari Pujokusuman. Keduanya adalah Budi Triono dan Danang Rusmandoko. Para narasumber ini telah bergelut di bidang seni sebagai penggiat dan pelestari seni dan budaya khususnya di wilayah Keparakan. Para peserta diberi pelatihan materi oleh narasumber.

"Dan ditutup dengan praktek bersama teknik memukul kentongan dan kolaborasi kentongan dengan alat musik lainnya," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perputaran Uang Judi Online Ribuan Anggota DPR Mencapai Rp25 Miliar

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement