Advertisement

Pemeran IFBC 2024 Digelar, Dorong Kemudahan Bisnis Bagi Wirausaha

Stefani Yulindriani Ria S. R
Sabtu, 01 Juni 2024 - 09:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Pemeran IFBC 2024 Digelar, Dorong Kemudahan Bisnis Bagi Wirausaha Ilustrasi kuliner (Freepik)

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULPameran Info Franchise & Business Concept (IFBC) 2024 yang diinisiasi Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) bekerja sama dengan Neo Expo Promosindo berlangsung pada 31 Mei-2 Juni 2024 di Jogja Expo Center, Banguntapan, Bantul. Pameran yang bertajuk national roadshow ini telah memasuki tahun ke 18. 

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menyampaikan apresiasinya atas gelaran ini. Menurut Halim, kegiatan tersebut dapat memberikan kemudahan bagi pengusaha pemula untuk dapat mengembangkan ide usaha.

Advertisement

BACA JUGA: Gelar Pameran Arsip, DPAD DIY Ajak Masyarakat Belajar dari Pengalaman Gempa Bumi 2006

“Forum ini memberikan informasi yang luas dan detail kepada masyarakat tentang usaha-usaha franchise. Dan ini akan memudahkan kita, terutama bagi pengusaha pemula untuk berusaha dengan berkolaborasi, makanya ini namanya bisnis waralaba. Dimana franchise ini dapat dikembangkan dimana saja dengan satu konsep, merk dagang yang sama sehingga standarisasi itu tetap sama,” katanya, Jumat (31/5/224). 

Sementara Ketua Asosiasi Franchise Indonesia, Anang Sukandar menyampaikan pameran IFBC 2024 menghadirkan ragam bisnis padat karya yang dapat dijadikan pilihan usaha, guna menyokong pertumbuhan daerah. Menurutnya, keunikan dari suatu brand menjadi hal yang harus diperhatikan, selain itu standarisasi juga menjadi penting agar dapat mencapai efisiensi dan efektivitas bisnis.

“Beberapa usaha yang awalnya sebagai usaha biasa, telah berkembang menjadi usaha waralaba. Dengan harapan kita kembangkan, keunikan dari satu usaha itu perlu ada, kemudian standarisasi itu penting karena dengan standarisasi kita bisa mencapai efisiensi dan efektivitas yang tidak bisa dilakukan oleh orang lain,” katanya. 

Sementara itu, Kepala Biro APSDA DIY Yuna Pancawati menyampaikan kegiatan tersebut dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Sebagai salah satu pusat pendidikan dan kebudayaan di Indonesia, Jogja selalu berkomitmen untuk selalu mendukung inisiatif yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Waralaba dan bisnis konsep merupakan dua pilar penting dalam kewirausahaan.

“Melalui franchise kita dapat melihat bagaimana inovasi dan model bisnis yang sukses dapat direplikasi dengan baik sehingga memberikan peluang bagi lebih banyak orang untuk berwirausaha,” katanya. 

Sementara itu, menurutnya konsep bisnis yang kreatif dan inovatif adalah kunci untuk menghadapi tantangan dan dinamika pasar yang terus berubah. Inisiatif tersebut menurutnya merupakan bukti nyata setiap langkah diiringi oleh kebijakan yang mendukung serta ekosistem yang mendukung untuk bisnis yang berkelanjutan.

Pameran IFBC tersebut digelar dengan mengusung tema “Empowering Growth”, pameran IFBC 2024 dimeriahkan 112 merek yang terdiri dari bisnis waralaba, kemitraan, keagenan, investasi dan distributor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Waspada! Hujan dan Angin Kencang Diprediksi Melanda DKI Jakarta

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement