Advertisement

Pencurian Ternak di Kulonprogo Marak Menjelang Iduladha, Ini yang Dilakukan Polres Kulonprogo

Triyo Handoko
Rabu, 05 Juni 2024 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Pencurian Ternak di Kulonprogo Marak Menjelang Iduladha, Ini yang Dilakukan Polres Kulonprogo Ilustrasi pencegahan maling ternak Kulonprogo - Harian Jogja - Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pencegahan maraknya aksi pencurian ternak di Kulonprogo, khususnya menjelang Iduladha, terus diupayakan oleh Polres Kulonprogo. Pencegahan ini dilakukan untuk memastikan keamanan wilayah dimana sejak awal tahun ini terdapat beberapa kasus pencurian ternak.

Polres Kulonprogo mencegah maraknya aksi pencurian ternak ini dengan meningkatkan sistem keamanan lingkungan (Siskamling). Cara utama menguatkan Siskamling ini dengan menggiatkan Bhabinkamtibmas di setiap wilayah yang merupakan personel kepolisian agar menginisiasi berbagai kegiatan pengamanan dan menjaga kekondusifan.

Advertisement

Kepala Bagian Operasi Polres Kulonprogo, Kompol Sumalugi pada Rabu (5/6/2024) menjelaskan pihaknya sudah memulai penguatan Siskamling tersebut. "Koordinasi juga sudah dilakukan untuk mengantisipasi kejadian pencurian hewan ternak tersebut," jelasnya.

BACA JUGA: Pencurian Ternak di Bantul, Polres Imbau Masyarakat dan Peternak Tingkatkan Pengamanan Hewan

Penguatan Siskamling, jelas Sumalugi, efektif mengantisipasi kejadian-kejadian tak diinginkan, khususnya pencurian. Dia menjelaskan pelaku maling ternak juga sudah ditangkap untuk kasus di Kapanewon Wates beberapa waktu lalu.

Penangkapan pelaku pencurian ternak itu, lanjut Sumalugi, tak menyurutkan Polres Kulonprogo untuk kendur menjaga keamanan wilayahnya. "Kami juga sudah koordinasi dengan Polres Purworejo untuk menjaga keamanan bersama menjelang Iduladha ini," katanya.

Koordinasi dengan Polres Purworejo dilakukan lantaran banyak kasus pencurian ternak di Bumi Binangun diarahkan ke Purworejo dan sekitarnya. "Kami juga berharap agar masyarakat juga meningkatkan keamanannya dan tak lengah, mari berpartisipasi bersama menjaga keamanan dan kondusifan," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Nama Soeharto Resmi Dihapus dari Tap MPR 11/1998 Terkait KKN

News
| Sabtu, 28 September 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement