Advertisement

Genjot Perekonomian Kalurahan, Baznas Bangun Balai Ternak di Kulonprogo

Triyo Handoko
Rabu, 12 Juni 2024 - 21:37 WIB
Arief Junianto
Genjot Perekonomian Kalurahan, Baznas Bangun Balai Ternak di Kulonprogo Suasana peresmian Balai Ternak Baznas Berkah Harjo di Kalurahan Banjarharjo, Kapanewon Kalibawang yang diresmikan Selasa (11/6/2024) kemarin. - Istimewa/Pemkab Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI membangun balai ternak di Kalurahan Banjarharjo, Kapanewon Kalibawang yang diresmikan Selasa (11/6/2024). Tujuan pembangunan Balai Ternak Baznas Berkah Harjo itu untuk menguatkan perekonomian perdesaan.

Program balai ternak tak hanya dijalankan Baznas di Kulonprogo, melainkan di 55 lokasi lain di seluruh Indonesia pada 2024 ini. Balai Ternak Baznas Berkah Harjo jadi yang ke-51 yang sudah diresmikan.

Advertisement

Deputi II Baznas RI, Imdadun Rahmat menjelaskan melalui balai ternak itu lembaganya berharap masyarakat dapat memanfaatkan, khususnya bagi peternak kambing supaya perekonomiannya meningkat. "Kami yakin bahwa para peternak di desa ini adalah peternak yang amanah, yang punya semangat, punya dedikasi, untuk memanfaatkan sarana ini untuk maju bersama" ujarnya.

Imdadun menyebut anggaran untuk membangun Balai Ternak Baznas Berkah Harjo ini menghabiskan Rp618 juta. "Balai ternak ini juga sudah terisi kambing sehingga dapat langsung dimanfaatkan warga," ujarnya.

Sementara itu Staf Ahli Bupati Kulon Progo Triyanto Raharjo menerangkan Kapanewon Kalibawang memiliki potensi peternakan yang besar. Total terdapat 94.450 ekor kambing lokal dan 38.703 ekor kambing PE di wilayah Bumi Binangun sisi utara itu.

Tujuan Balai Ternak Baznas Berkah Harjo untuk meningkatkan perekonomian pedesaan, menurut Triyanto, dapat tercapai mengingat potensi tersebut. "Melihat perkembangan saat ini, maka bisnis peternakan telah menjadi salah satu sektor yang sangat signifikan dalam perekonomian," jelasnya.

Triyanto mengapresiasi program Baznas RI tersebut yang telah memberikan modal usaha peternakan yang kambing-kambing hasil ternak ini akan di kembangbiakkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. "Saya sungguh berharap sinergitas dan kerjasama yang baik diantara Baznas dan Pemkab Kulonprogo dapat terus terjalin."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Server PDN Dibobol, Menteri Budi Arie Klaim Tak Ada Kebocoran Data

News
| Jum'at, 28 Juni 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Gunung Batu di Tiongkok Dijuluki Ujung Pisau Berkat Bentang Alamnya yang Unik

Wisata
| Minggu, 23 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement