Advertisement

210 Lokasi Salat Iduladha 2024 di Kota Jogja, Salah Satunya di Stadion Kridosono

Lugas Subarkah
Jum'at, 14 Juni 2024 - 18:47 WIB
Ujang Hasanudin
210 Lokasi Salat Iduladha 2024 di Kota Jogja, Salah Satunya di Stadion Kridosono Arsip-Ribuan umat islam mengikuti salat Id di Gumuk Pasir Bantul, Jumat (21/4/2023). - Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sekitar 210 titik di Kota Jogja akan menjadi tempat pelaksanaan solat Iduladha 2024. Tempat-tempat tersebut terdiri dari halaman masjid, area parkir, lapangan wilayah, lapangan sekolah hingga lapangan lembaga permasyarakatan (Lapas).

ke-210 titik tersebut tersebar di 14 kemantren, meliputi Tegalrejo 21 titik, Jetis 14 titik, Gondomanan 17 titik, Danurejan enam titik, Gedongtengen 15 titik, Ngampilan tujuh titik, Wirobrajan lima titik, Mantrijeron delapan titik, Kraton 11 titik, Gondomanan 12 titik, Pakualaman tiga titik, Mergangsan 15 titik, Umbulharjo 58 titik dan Kotagede 18 titik.

Advertisement

Data tersebut dihimpun oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Kota Jogja. Beberapa lokasi merupakan area parkir seperti di Stadion Kridosono dan area parkir Ngabean. Pakualaman menjadi yang paling sedikit dengna tiga lokasi, meliputi lapangan Sewandanan, Lapas dan Rutan Wirogunan.

Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Stadion Kridosono, Diantoro Riyadi, menjelaskan solat Iduladha di Stadion Kridosono akan digelar pada Senin (17/6/2024) pukul 06.30 WIB, dengan khatib Ustadz Muhammad Jazir dan Imam Ustadz Muhammad Nur Saddam.

BACA JUGA: Imam dan Khatib Salat Iduladha di Jogja Diseleksi Agar Tidak Ada Tausiyah Meresahkan

Ia menuturkan untuk Stadion Kridosono memiliki kapasitas yang cukup besar, yakni sekitar 5.000 jamaah. Di lokasi tersebut juga didukung area parkir yang cukup memadahi. “Area parkir sebelah timur, selatan dan barat stadion,” ujarnya, Jumat (14/6/2924).

Namun untuk lokasi Stadion Kridosono, hanya digunakan untuk solat iduladha, tidak digunakan untuk penyembelihan hewan kurban. “Penyembelihan di masjid masing-masing. di stadion hanya untuk solat,” kata dia.

PHBI Masjid Gede Kauman, Bagus Achmad Wildani, menuturkan salat iduladha di masjid tersebut dimulai pukul 07.00 WIB, dengan imam dan khatib Husnaini, Dosen Fakultas Ilmu Agama Islam UII, juga anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PWM DIY.

Di Masjid Gede Kauman, selain solat Iduladha juga akan dilaksanakan penyembelihan hewan kurban. Adapun hewan kurban yang akan disembelih sementara ada 11 sapi dan delapan kambing. “Satu sapi dari Ibu Titik Soeharto, kalau kambingnya masih bisa bertambah,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Nama Soeharto Resmi Dihapus dari Tap MPR 11/1998 Terkait KKN

News
| Sabtu, 28 September 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement