Advertisement

Pilkada Sleman, Pemilih Potensial Mencapai 854.654 orang

Newswire
Sabtu, 22 Juni 2024 - 19:57 WIB
Maya Herawati
Pilkada Sleman, Pemilih Potensial Mencapai 854.654 orang Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Daftar penduduk potensial pemilih (DP4) dalam Pilkada 2024 di Sleman berjumlah sekitar 854.654 orang.

"Dari jumlah tersebut nantinya akan dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) untuk penetapan daftar pemilih tetap (DPT)," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman Huda Al Amna di Sleman, Sabtu.

Advertisement

Menurut dia, untuk pelaksanaan coklit akan dilaksanakan mulai 24 Juni 2024 yang akan dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) secara langsung di masyarakat dengan metode dari pintu ke pintu.

"Nantinya pantarlih akan melakukan coklit secara langsung dari pintu ke pintu di wilayah masing-masing secara serentak," katanya.

Ia mengatakan, seluruh pemilih potensial ini akan dilakukan coklit agar mendapatkan hak dan jaminan untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024 (pilkada) yang dilaksanakan pada November 2024.

BACA JUGA: Sebuah ATM di Condongcatur Sleman Dirusak, Polisi Kejar Pelaku

Huda yang mengampu Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Kabupaten Sleman ini mengatakan bahwa jumlah petugas pantarlih yang melakukan coklit di Sleman sebanyak 3.000 orang.

"Saat ini proses pembentukan pantarlih sudah mendekati akhir. Dalam pembentukan pantarlih, kami mengutamakan ketrampilan dalam penggunaan teknologi informatika serta kepemilikan gawai yang kompatibel," katanya.

Ia mengatakan, proses rekrutmen pantarlih ini tidak ada seleksi tertulis maupun wawancara dan dilakukan penelitian kelengkapan persyaratan dokumen administrasi.

"Pendaftar yang terpilih menjadi pantarlih akan diumumkan pada 22 Juni. Saat ini sedang dilakukan tahap penelitian administrasi pendaftar pantarlih," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Nama Soeharto Resmi Dihapus dari Tap MPR 11/1998 Terkait KKN

News
| Sabtu, 28 September 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement