Advertisement

PPDB di SMPN 12 Jogja, Jalur Zonasi Reguler Jadi Jalur Favorit

Alfi Annisa Karin
Rabu, 26 Juni 2024 - 16:57 WIB
Maya Herawati
PPDB di SMPN 12 Jogja, Jalur Zonasi Reguler Jadi Jalur Favorit PPDB Online - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAPenerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP dari jalur zonasi radius, afirmasi disabilitas, dan prestasi bibit unggul, serta jalur perpindahan tugas orang tua dan kemaslahatan guru hari ini ditutup. Di SMPN 12 Jogja, jalur zonasi reguler yang baru akan dibuka pendaftarannya bulan depan disebut jadi favorit calon siswa untuk mendaftar.

Calon siswa yang dinyatakan lolos mulai melakukan pendaftaran ulang di sekolah masing-masing. Selanjutnya, seleksi PPDB pada jalur zonasi reguler, jalur prestasi luar daerah, afirmasi KMS, akan dilaksanakan mulai 2 Juli mendatang.

Advertisement

Melihat tren PPDB pada tahun-tahun sebelumnya, Kepala SMPN 12 Jogja Abdurahman menuturkan nyaris tak ada gejolak yang berarti pada jalur zonasi reguler dan prestasi. Bahkan bisa dikatakan jalur ini merupakan jalur favorit. Sebab, indikator yang diperhitungkan pada jalur ini adalah nilai gabungan, bukan lagi jarak rumah dengan sekolah.

BACA JUGA: PPATK Ungkap Ribuan Anggota DPR dan DPRD Main Judi Online

“Cenderung stabil, yang ada persoalan yang zonasi radius karena orang dinilai dengan jarak. Kalau yang besok itu standarnya nilai,” ujar Abdurahman saat ditemui di SMPN 12 Jogja, Rabu (26/6/2024).

Dia menambahkan baik jalur zonasi reguler maupun prestasi akan jauh lebih fair. Persaingan jalur-jalur itu di SMPN 12 juga terbilang ketat. Bahkan, persentase mencapai 1:2 antara pendafar dengan yang diterima. “Total, SMPN 12 Jogja akan menerima 198 siswa yang akan terbagi menjadi 6 kelas,” tuturnya.

Sebelumnya, SMPN 12 Jogja menerima 31 siswa dari jalur zonasi radius. Sedangkan, dari jalur afirmasi disabilitas ada 10 siswa yang diterima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Terbitkan Platform JIS dan Polimer untuk Percepatan Layanan Industri

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement