Advertisement

Persalinan Sesar Mudah Tanpa Biaya

Media Digital
Jum'at, 28 Juni 2024 - 05:27 WIB
Arief Junianto
Persalinan Sesar Mudah Tanpa Biaya Iffah Sabrina bersama suami dan putrinya, beberapa waktu lalu. - ist

Advertisement

JOGJA—Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui berbagai terobosan layanannya terus meningkatkan kualitas untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat, salah satunya dalam layanan persalinan.

Hal ini dirasakan oleh Iffah Sabhrina, 30, warga Maguwoharjo, Kapanewon Depok, Sleman. Ia adalah peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau yang lebih dikenal dengan peserta mandiri. Iffah berhasil melaksanakan persalinan anak pertamanya melalui operasi sesar pada pertengahan 2023 lalu dengan lancar dan sehat, yang didukung dengan pelayanan maksimal dari fasilitas kesehatan (faskes) yang menanganinya.

Advertisement

Dia menilai pelayanan dengan penjaminan JKN sudah baik dan dengan proses yang mudah. “Dari mulai sistem pendaftaran sampai pembaruan data keluarga dan ganti faskes juga semua mudah prosesnya,” ujarnya, Kamis (27/6/2024).

Iffah menceritakan dalam memantau kehamilannya, dia memilih Puskesmas Depok 3 sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempatnya terdaftar. “Pelayanan dari bagian pendaftaran dan tim medis di faskes 1 yang saya pilih di Puskesmas Depok 3 juga cepat dan tidak menunggu terlalu lama,” katanya.

Kemudian pada saat Iffah akan dirujuk ke rumah sakit pun juga cepat dan tidak ribet. Waktu itu, dia mendapat rumah sakit rujukan di Rumah Sakit (RS) Panti Rini, Kalasan, Sleman. “Di RS Panti Rini, juga prosesnya cepat dan tidak antre,” kata dia.

Iffah juga mengapresiasi sistem finger print yang digunakan di RS Panti Rini sehingga semakin memudahkan proses pendaftaran ketika hendak periksa dengan menggunakan BPJS Kesehatan.

“Alhamdulillah proses persalinan full dijamin oleh JKN. Kepesertaan JKN telah membawa manfaat yang sangat besar bagi saya,” ungkapnya.

Setelah mendaftar ia memberikan surat rujukan ke bagian pendaftaran di rumah sakit. Fasilitas yang didapat saat dan pasca melahirkan pun sesuai standar kesehatan dan baik.

“Ketika hendak tindakan, prosesnya langsung otomatis disesuaikan dengan kelas rawat dimana saya terdaftar, waktu itu saya menggunakan kelas 2. Pelayanan sesuai standar yang didapatkan dari kamar kelas 2, yakni kamar untuk dua orang, obat-obatan, imunisasi awal anak, hepatitis,” ujarnya.

Iffah melahirkan putri pertamanya pada 4 April 2023. Bayi kecilnya yang sehat itu diberi nama Sophia Elleana Akbar. Kini Sophia sudah berusia 14 bulan dengan kondisi yang sehat dan tumbuh-kembang yang baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KAI Lakukan Perubahan Jam Keberangkatan 17 KA Jarak Jauh per 1 Juli 2024 di Stasiun Pasar Senen dan Jatinegara

News
| Minggu, 30 Juni 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Mau Main Biliar Tetapi Tak Mau Keganggu Asap Rokok dan Vape, Coba ke Mille Billiards Saja

Wisata
| Rabu, 26 Juni 2024, 21:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement