Advertisement

Miliki Potensi Besar Kembangkan Tanaman Obat, Kelurahan Cokrodiningratan Menggelar Pelatihan Budidaya Toga

Alfi Annisa Karin
Minggu, 30 Juni 2024 - 17:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Miliki Potensi Besar Kembangkan Tanaman Obat, Kelurahan Cokrodiningratan Menggelar Pelatihan Budidaya Toga Pelatihan budidaya tanaman toga di Kelurahan Cokrodiningratan beberapa waktu lalu / Dokumentasi Kelurahan Cokrodiningratan

Advertisement

Harianjogja.com, JETIS—Pemerintah Kelurahan Cokrodiningratan, Kemantren Jetis menggelar pelatihan budidaya tanaman obat keluarga (Toga) di Kantor Kelurahan Cokrodiningratan.

Kegiatan ini turut diikuti oleh 26 peserta yang tergabung dalam Gapoktan Cokrodiningratan. Ada juga, 4 peserta di Pokja III TP PKK Kelurahan Cokrodiningratan.

Advertisement

Lurah Cokrodiningratan Andityo Bagus Baskoro menuturkan ini menjadi upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga dalam membudidayakan tanaman obat. "Seperti yang kita ketahui bersama, tanaman obat memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan keluarga," kata Andityo, Minggu (30/6/2024).

BACA JUGA: Gunungkidul Krisis Pasokan Es Balok untuk Ikan Tangkapan Nelayan

Menurutnya, Kelurahan Cokrodiningratan punya potensi besar dalam rangka mengembangkan budidaya Toga. Dengan iklim yang mendukung serta tanah yang subur, Andityo optimistis, warga Cokrodiningratan bisa memanfaatkan lahan yang ada untuk menanam berbagai jenis tanaman obat yang bermanfaat.

Namun, di sisi lain potensi ini tidak akan maksimal tanpa adanya pengetahuan dan keterampilan yang memadai. "Oleh karena itu, pelatihan ini sangat penting agar kita semua bisa belajar bagaimana cara membudidayakan tanaman obat dengan baik dan benar," imbuhnya.

BACA JUGA: PHRI Minta Pemkab Kaji Pembangunan Mall di Bantul, Ini Tujuannya

Ada beberapa praktisi yang turut diundang. Salah satu materi yang diberikan yakni berkaitan dengan budidaya jahe dalam polybag. Mulai dari syarat tumbuhnya jahe merah hingga cara menanam.

"Setelah diadakan praktek langsung, kegiatan pelatihan ditutup dengan penyerahan secara simbolis bahan percontohan kegiatan pelatihan budidaya tanaman," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Said Aqil Nilai Pemberian Izin Usaha Tambang Bisa Jadi Bentuk Balas Budi Negara kepada Ormas

News
| Selasa, 02 Juli 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement