Advertisement

Tour De Merapi Suguhkan Panorama Wisata Fauna

Media Digital
Minggu, 30 Juni 2024 - 20:47 WIB
Maya Herawati
Tour De Merapi Suguhkan Panorama Wisata Fauna Meja pendaftaran Tour De Merapi menerima pendaftaran peserta. - Harian Jogja - Catur Dwi Janati

Advertisement

SLEMAN—Agenda tur sepeda motor Tour De Merapi bakal kembali hadir pada Juli 2024. Menyuguhkan panorama indah desa-desa wisata di Bumi Sembada, Tour De Merapi tahun ini akan mengajak para peserta berkendara melewati rute-rute syarat fauna.

Tour De Merapi merupakan agenda yang digagas Dinas Pariwisata Sleman untuk mengajak para pencinta touring sepeda motor berkeliling ke desa-desa wisata Sleman. Tak terbatas pada klub motor tertentu, masyarakat yang memiliki kendaraan di bawah 250 cc bisa ikut dalam acara ini. Syaratnya, peserta wajib mengumpulkan fotokopi STNK dan SIM dan memakai kelengkapan berkendara selama tur. Melintasi rute-rute menarik, para pengendara akan tak terasa telah berkeliling ke sejumlah destinasi potensial di Sleman.

Advertisement

Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Ishadi Zayid, mengatakan Tour De Merapi kali ini akan mengajak para peserta mengunjungi rute-rute desa wisata yang khas dengan fauna. “Bocoran sedikit, jadi nanti pengendara melalui desa-desa wisata yang temanya zoo atau binatang,” ungkap Ishadi pada Kamis (27/6).

Dalam edisi tahun 2024, Tour De Merapi mengangkat tema Dolan Sleman Marai Tuman. Pendaftaran peserta tur dibuka sejak 5 Juni 2024 dan berakhir pada 18 Juli nanti. Tur sepeda motor akan dilaksanakan pada Minggu (21/7/2024) dengan titik start di Lapangan Pemda Sleman. Pengendara akan diajak melewati lima pos desa wisata atau destinasi wisata di Sleman.

Ishadi menjelaskan di setiap pos, para peserta akan disuguhi hiburan dan makanan lokal setempat. Suasana ini akan menambah pengalaman peserta tur menikmati destinasi wisata yang dituju.

“Jadi nanti makanannya juga makanan lokal yang ada di sekitar situ, jadi bukan makanan pesanan dari toko tapi makanan yang khas dari tempat-tempat yang disinggahi,” ujarnya.

Rute fauna yang diambil dalam Tour De Merapi tahun ini semakin mempertegas kekuatan wisata Sleman yang memiliki banyak variasi tema. Tak hanya nuansa candi, embung, perbukitan atau pegunungan yang bisa ditawarkan, tema fauna menjadi opsi lain bagi wisatawan.

“Di samping wisata alam, Sleman juga memiliki beberapa destinasi tematik yang belum banyak terekspos. Tur ini akan menunjukkan kekhasan dan keanekaragaman di Sleman,” lanjutnya.

BACA JUGA: Demi Pembangunan Berkelanjutan, Pemkab Gunungkidul Larang Warga Bakar Sampah

Destinasi Beragam

Lewat tur sepeda motor keliling tempat wisata ini, destinasi yang mungkin banyak belum diketahui masyarakat bisa terpromosikan. Apalagi peserta diajak langsung datang ke destinasinya dan merasakan suasana yang ada di sana.

“Salah satu tujuan utama kami adalah memperkenalkan beberapa destinasi wisata yang selama ini belum dikenal oleh masyarakat melalui Tour De Merapi. Kemudian peserta tur di samping bisa menikmati juga bisa mengampanyekan bahwa di Sleman ada beberapa destinasi yang layak dikunjungi,” imbuhnya.

Dengan tema Dolan Sleman Marai Tuman, Ishadi ingin menunjukkan bila berwisata di Sleman tidak akan cukup bila hanya dikunjungi satu hari. Sekalipun sudah berkunjung, wisatawan akan memiliki rasa kangen dan ingin balik lagi berkunjung ke Sleman.

Dolan Sleman Marai Tuman artinya orang yang datang ke Sleman sekali datang besok ingin datang lagi, karena tidak cukup sehari mengunjungi Sleman. Bahkan yang dikunjungi selalu menimbulkan kesan ngangeni sehingga orang datang dan datang lagi,” katanya.

Tajuk Dolan Sleman Marai Tuman yang diusung Dinas Pariwisata Sleman dalam Tour De Merapi tahun ini memang benar adanya. Ratusan peserta tur yang telah ikut pada edisi sebelumnya tak ingin ketinggalan dalam agenda tahunan Dinas Pariwisata Sleman. Seolah mereka menjadi tuman.

“Bisa dikatakan banyak yang repeat order, jadi banyak pengendara lama yang sudah pernah ikut, ikut lagi tahun ini,” kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Sleman Kus Endarto.

Kus menjelaskan dari target 300 sepeda motor yang berpartisipasi, total pendaftaran sudah berkisar di angka 295 kendaraan. Kendati demikian, Dinas Pariwisata Sleman Sleman akan tetap membuka pendaftaran bagi masyarakat yang masih ingin berpartisipasi dalam tur sepeda motor keliling destinasi wisata ini.

Selain disuguhkan pengalaman yang unik, para peserta berkesempatan mendapatkan sejumlak doorprize. Adapun doorprize yang dibagikan di antaranya ada dua unit sepeda motor, enam sepeda gunung, peralatan dapur dan masih banyak lagi. (***)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Buruh Bakal Demo di Depan Istana Negara Besok, Ini 7 Poin yang Dituntut

News
| Selasa, 02 Juli 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement