Advertisement

PPDB SMPN 4 Depok Jalur Zonasi Reguler Dibuka, Ini Daftar Cakupan Wilayahnya

Lugas Subarkah
Senin, 01 Juli 2024 - 19:07 WIB
Maya Herawati
PPDB SMPN 4 Depok Jalur Zonasi Reguler Dibuka, Ini Daftar Cakupan Wilayahnya Orang tua calon siswa mengumpulkan berkas pendaftaran jalur zonasi wilayah di SMPN 4 Depok, Senin (1/7/2024). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri di Sleman untuk jalur zonasi reguler berbasis wilayah dibuka Senin (11/7/2024). Untuk jalur ini, sekolah harus mencermati data kependudukan calon siswa agar sesuai dengan persyaratan.

Berdasarkan pantauan Harianjogja.com, di SMPN 4 Depok, Sleman, sejumlah orang tua dan calon siswa terlihat mendatangi sekolah untuk mengumpulkan dokumen pendaftaran jalur zonasi wilayah. Mereka diarahkan ke aula serba guna untuk mendapat layanan dari petugas yang sudah disiagakan.

Advertisement

Pada jalur zonasi wilayah, cakupan wilayah SMPN 4 Depok meliputi:

- Kalitirto, Berbah;
- Tegaltirto, Berbah;
- Caturtunggal, Depok;
- Condongcatur, Depok;
- Maguwoharjo, Depok; Purwomartani,
- Kalasan; Minomartani, Ngaglik;
- Wedomartani, Ngemplak

BACA JUGA: Pemkab Bantul Sebut Dua Pekan Lagi, TPST Dingkikan Siap Beroperasi

Waka SMPN 4 Depok, Sri Wahyuningsih, menjelaskan pada jalur zonasi wilayah ini, SMPN 4 Depok membuka kuota sebanyak 86 siswa. “Tetapi jumlah ini masih bisa bertambah, jika ada pendaftar dari jalur prestasi yang tidak melanjutkan,” ujarnya.

Untuk kabupaten Sleman, PPDB SMP jalur prestasi telah dilaksanakan pada 25-28 Juni 2024, yang dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi pada 29 Juni 2024 dan daftar ulang pada Senin (1/7/2024) hingga pukul 13.00 WIB.

Wahyu menuturkan total daya tampung SMPN 4 Depok yakni 128 siswa, yang dibagi dalam empat kelas. Dari pelaksanaan PPDB sejauh ini, menurutnya berjalan cukup lancar tanpa kendala berarti. “Tidak ada kendala, lancar aja selama ini,” ungkapnya.

Ia memastikan untuk mengantisipasi pelanggaran soal data kependudukan, pihak sekolah dengan ketat mencermati data kependudukan pendaftar. “Harus dicek dulu kalau zonasi wilayah, dasarnya KK. Kami cek betul KK-nya, memenuhi syarat enggak. Misalkan ini kan KK [minimal] satu tahun. Kemudian anak dan orang tua harus ada dalam satu KK, kami cek juga,” kata dia.

Jalur Prestasi

Pada jalur prestasi, SMPN 4 Depok menerima sebanyak 32 calon siswa dengan enam siswa ber-NIK luar Sleman. Adapun statistik nilai yang diterima paling tinggi 294, 52, paling rendah 278,30, sehingga rata-rata 284,20. Sebanyak 92 pendaftar menjadikan sekolah ini pilihan pertama dan 19 pendaftar menjadikan pilihan kedua.

Sedangkan pada jalur zonasi wilayah, pada pelaksanaan hari pertama statistik nilai tertinggi 275,42, nilai terendah 255,24 dan rata-rata 261,93. Sebanyak 113 pendaftar menjadikan SMPN 4 Depok sebagai pilihan pertama dan delapan pendaftar menjadikan pilihan kedua.

PPDB SMP jalur zonasi reguler berbasis wilayah untuk Kabupaten Sleman merupakan jalur pendaftaran terakhir setelah jalur-jalur pendaftaran lainnya yakni zonasi radius, afirmasi, perpindahan tugas dan prestasi. Pendaftaran jalur zonasi reguler berbasis wilayah berlangsung 1-3 Juli 2024, kemudian pengumuman pada 4 Juli 2024 dan daftar ulang pada 5 Juli 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tindak Asusila, Ketua KPU Bayar Sewa Apartemen dan Janjikan Biaya Hidup Rp30 Juta per Bulan

News
| Rabu, 03 Juli 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement