Advertisement

Tunggu Orang Tua, Jenazah Pebulu Tangkis China Masih Disimpan di RSUP Dr. Sardjito

Catur Dwi Janati
Selasa, 02 Juli 2024 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Tunggu Orang Tua, Jenazah Pebulu Tangkis China Masih Disimpan di RSUP Dr. Sardjito Manajer Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati 

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Jenazah pebulu tangkis asal China, Zhang Zhi Jie yang meninggal dunia dalam ajang BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 saat ini masih berada di Instalasi Kedokteran Forensik RSUP Dr Sardjito. Rumah sakit masih menunggu kedatangan dan keputusan orang tua atlet terkait dengan jenazah Zhang Zhi Jie.

Manajer Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan mengungkapkan sejak masuk RSPAU dr. Hardjolukito hingga dipindah ke RSUP Dr. Sardjito, rumah sakit telah menjalankan sejumlah tata laksana terhadap Zhang Zhi Jie. Setelah menjalani serangkaian tata laksana, kini posisi sang atlet berada di Instalasi Kedokteran Forensik RSUP Dr Sardjito. "Setelah kami lakukan tata laksana itu, pasien atau atlet kita ini sementara kami masukkan di ruang pendingin di Kedokteran Forensik," kata Banu ditemui di Instalasi Kedokteran Forensik RSUP Dr Sardjito, Selasa (2/7/2024).

Advertisement

Selama berada di Instalasi Kedokteran Forensik, tidak ada tindakan khusus yang diambil oleh pihak rumah sakit. Pasalnya rumah sakit masih menunggu kedatangan orang tua untuk melihat langsung kondisi sang atlet. "Tidak ada tindakan apa-apa, karena kami sifatnya adalah juga menunggu dari kedatangan orang tua dari China untuk bisa melihat secara utuh atlet kita ini supaya bisa melihat kondisi yang riil," tandasnya. 

Mengenai tindakan selanjutnya kepada jenazah Zhang Zhi Jie, masih menunggu koordinasi dengan pihak keluarga. Komunikasi dengan keluarga saat ini dijembatani oleh pihak konsulat. "Tetap kami akan menunggu koordinasi dengan keluarga dengan PBSI, dengan konsulat, kami akan berkoordinasi ke sana," imbuhnya.

Begitu pula dengan kepastian jenazah akan dipulangkan atau dikremasi diungkapkan Banu menjadi keputusan penuh keluarga. "Belum ada informasi lebih lanjut. Itu nanti kami menunggu keputusan penuh ada di keluarga mau seperti apa," kata dia. 

Namun, Banu menegaskan rumah sakit siap memberi penjelasan medis kepada keluarga bila dibutuhkan. Rumah sakit yang ada di bawah Kementerian Kesehatan akan mendapatkan sokongan dari Kemenkes bila jenazah akan dipulangkan. 

"Iya, dalam kapasitasnya saat ini kami memang siap untuk memberikan penjelasan jika diperlukan oleh keluarga. Kami juga rumah sakit Dr. Sardjito selaku rumah sakit kementerian kesehatan tidak sendirian kita dibackup penuh oleh kementerian kesehatan dalam kapasitasnya apabila nanti ingin keluarga itu dipulangkan," tegasnya.

BACA JUGA: Atlet Badminton China Meninggal Muda, Tim Medis RSUP dr. Sardjito: Penanganan Sudah Sesuai SOP

Sebelumnya Zhang Zhi Jie meninggal dunia di tengah-tengah laga BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 di Gor Amongrogo.

Kasi Humas Polresta Jogja, AKP Sujarwo menjelaskan insiden itu terjadi pada Minggu (30/6/2024) malam kemarin "Atlet pingsan saat bertanding, selanjutnya tindakan penyelamatan dilakukan," ujarnya.  

Tindakan penanganan selanjutnya dilakukan sesuai SOP di lapangan, yakni harhs seizin wasit turnamen. Yang bersangkutan lantas mendapat penanganan awal di lapangan dan langsung dibawa ke RSPAU dr. Hardjolukito. "Di Hardjolukito dilakukan CPR sesuai SOP," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perayaan HUT RI di IKN, Garuda Indonesia Menyiapkan Penerbangan Tambahan

News
| Kamis, 04 Juli 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement