Advertisement

Mengenal Alan Bernardon, Kiper Brasil Setinggi 2,01 Meter Rekrutan Baru PSS Sleman

Catur Dwi Janati
Selasa, 02 Juli 2024 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Mengenal Alan Bernardon, Kiper Brasil Setinggi 2,01 Meter Rekrutan Baru PSS Sleman Kiper asal Brasil, Alan Jos Bernardon bergabung dengan PSS Sleman. - Istimewa // PSS Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—PSS Sleman resmi mengontrak kiper asal Brasil bernama, Alan José Bernardon. Kiper setinggi 2,01 meter ini akan menjadi palang pintu terakhir di bawah mistar Super Elja untuk mengarungi Liga 1 2024/2025.

Alan menilai keputusan PSS meminangnya telah membuka kesempatan lebar bagi peningkatan kariernya sebagai kiper. Lebih-lebih bermain di hadapan suporter PSS yang punya dedikasi dan antusiasme tinggi kepada tim, merupakan pengalaman baru bagi Alan. 

Advertisement

"Tentunya itu menjadi dorongan memberikan penampilan maksimal di setiap pertandingan," kata Alan, Selasa (2/7/2024).

Menurut Alan, adaptasi merupakan suatu keniscayaan yang harus dilakoni siapapun ketika hadir di lingkungan baru, tak terkecuali bagi dirinya. Untungnya iklim tropis yang tak jauh berbeda membuatnya mudah beradaptasi dengan kondisi cuaca di Indonesia. 

"Saya sudah terbiasa dengan iklim tropis di Brasil sehingga memudahkan saya beradaptasi dengan kondisi cuaca Sleman. Itu memudahkan saya menjaga kondisi fisik melalui latihan harian yang sudah menjadi bagian dari rutinitas saya," tegasnya. 

Melanjutkan karier di luar Brasil, membuat Alan tentu menghadapi perbedaan budaya, makanan dan bahasa.

Dari semua aspek tersebut, bahasa diakui Alan menjadi tantangan terbesarnya setiba di PSS. Namun, dia tidak mau terpaku dengan idiom bahasa sepak bola bersifat universal. Menurutnya, hal itu akan menjadi lebih baik dibarengi dengan keinginan belajar bahasa Indonesia.

"Saya percaya bahwa bahasa sepak bola bersifat universal. Demi memudahkan komunikasi dengan rekan satu tim dan staf pelatih, saya bertekad untuk mempelajari dasar-dasar bahasa Indonesia. Seiring berjalannya waktu dan latihan, saya akan mengatasi kendala bahasa tersebut," kata Alan.

BACA JUGA: Sepak Terjang Wagner Lopes yang Kini Jadi Pelatih PSS

Penjaga gawang pengagum Petr Cech ini mengaku beradaptasi dengan baik dengan makanan lokal. Baginya ini cara untuk semakin mengenal cita rasa masakan Indonesia.

Selain itu pria kelahiran Medianeira, Brasil tersebut tercatat pernah bermain untuk klub XV Piracicaba di Campeonato Paulistão, sebuah turnamen kompetitif di negara bagian São Paulo. Kompetisi ini bergulir sebagai pra musim kompetisi nasional dari Januari hingga April yang diikuti Corinthians, Palmeiras, Santos and São Paulo.

Dengan pengalaman bermain di liga kompetitif, aspek ini bisa membantu tujuan utama Alan untuk memberikan kontribusi yang berarti bagi tim. "Saya percaya bahwa dengan dedikasi dan kerja keras semua yang terlibat dalam tim PSS, kami dapat mencapai tujuan ini. Tujuannya juga ingin membawa kebanggaan bagi keluarga besar PSS," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Makan Siang Gratis Disarankan Melibatkan UMKM

News
| Kamis, 04 Juli 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement