Advertisement

Pantai Selatan Masih Jadi Favorit Wisatawan Selama Libur Sekolah

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 15 Juli 2024 - 13:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Pantai Selatan Masih Jadi Favorit Wisatawan Selama Libur Sekolah Wisata Pantai Parangtritis, Bantul / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Selama libur sekolah 2024, Pantai Parangtritis masih menjadi favorit wisatawan. Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul berupaya melakukan pemerataan kunjungan ke destinasi wisata lainnya.

Dispar Bantul mencatat kunjungan wisatawan ke Bantul pada 15 Juni-14 Juli 2024 mencapai 292 ribu orang. Dari jumlah tersebut ada 251 ribu orang yang berkunjung ke Pantai Parangtritis. Sementara sisanya, ke beberapa destinasi wisata lainnya.

Advertisement

Kepala Dispar Bantul, Saryadi menyampaikan pihaknya berupaya agar terjadi pemerataan kunjungan wisata di destinasi wisata lain, bukan hanya destinasi wisata yang dikelola Pemkab Bantul, namun juga wisata yang berbasis masyarakat atau Community Based Tourism (CBT). 

"Kita mendorong kunjungan ke berbagai destinasi yang lain melalui berbagai event," ujarnya, Senin (15/7/2024).

BACA JUGA: Libur Akhir Pekan, 50.824 Orang Kunjungi Destinasi Wisata Bantul

Dia menuturkan beberapa event sengaja diselenggarakan di beberapa destinasi wisata yang berbeda, tujuannya untuk menarik minat wisatawan ke sana. Beberapa destinasi wisata yang mulai digunakan sebagai tempat penyelenggaraan event wisata antara lain Pantai Goa Cemara, dan Pantai Depok. 

Dia menilai keberadaan event di beberapa destinasi wisata lain mampu meningkatkan kunjungan wisatawan. Dalam salah satu event yang dirancang Pemkab Bantul, antara lain Labuhan Pantai Goa Cemara yang digelar beberapa waktu lalu mampu menarik sekitar 8-10 ribu pengunjung.

Dia menuturkan untuk event yang diselenggarakan di Pantai Parangtritis ke depan hanya event rutin. Hal itu lantaran destinasi wisata tersebut dinilai telah dikenal masyarakat. 

"Kalau wisata konvensional sudah dikenal publik, sudah banyak wisatawan yang berminat datang. Sementara CBT perlu inovasi, perlu penawaran dan promosi disana," katanya. 

Dia menuturkan pihaknya akan berupaya menggandeng beberapa CBT yang ada di Bantul untuk meningkatkan kunjungan kesana. Dia menilai wisata yang dikelola CBT akan memberikan dampak perekonomian secara langsung pada masyarakat setempat pula.

Sementara Ketua Koperasi Notowono Mangunan, Purwo Harsono menyampaikan kunjungan wisata ke Kawasan Mangunan pada momen libur sekolah tahun 2024 mencapai 42 ribu orang.

Selama libur sekolah, destinasi wisata favorit wisatawan yaitu Gunung Pengger dan Pinus Sari. Untuk wisatawan yang berkunjung ke Gunung Pengger mencapai 15 ribu orang, dan Pinus Sari mencapai 14 ribu orang. 

Wisatawan yang berkunjung kesana berasal dari daerah yang beragam antara lain Jawa Tengah dan Jawa Timur. "[Wisatawan yang berkunjung ke Mangunan] Masih banyak wisata keluarga," katanya.

Dia pun terus berupaya meningkatkan kunjungan wisata disana melalui promosi di sosial media.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement