Advertisement

Perusakan Rumah di Ringinharjo Bantul Tidak Ada Kaitannya dengan Ormas Jogja Dadi Siji

Jumali
Rabu, 17 Juli 2024 - 17:17 WIB
Maya Herawati
Perusakan Rumah di Ringinharjo Bantul Tidak Ada Kaitannya dengan Ormas Jogja Dadi Siji Ilustrasi. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pengawas dan pendiri organisasi kemasyarakatan (ormas) Jogja Dadi Siji (JDS) memastikan jika peristiwa perusakan rumah milik Denada Wisnu, 36, di Ringinharjo, Bantul, Minggu (14/7/2024) tidak ada sangkut pautnya JDS.

"Jadi pelaku perusakan telah mengakui dan minta maaf kepada korban. Pelaku juga sudah memberikan ganti rugi. Pelaku juga telah mengungkapkan jika tindakannya tidak ada kaitannya dengan JDS," kata Pendiri JDS, Muhammad Lutfi Setiabudi, Rabu (17/7/2024).

Advertisement

Selain itu, Lutfi menyatakan jika perdamaian yang terjadi antara pelaku dengan korban juga didasarkan kepada saran dari para pendiri JDS.

Hal sama juga diungkapkan oleh pengawas JDS, Arif Hammad Wibowo. Arif mengatakan telah berklarifikasi dengan korban, Denada, terkait dengan peristiwa perusakan.

Arif juga mengatakan telah berkoordinasi dengan pendiri JDS, Muhammad Lutfi Setiabudi serta mengecek lokasi kejadian untuk memastikan jika perusakan tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan JDS.

"Jangan sampai ada kesalahpahaman yang mengakibatkan kondisi Bantul tidak kondusif," katanya.

Sedangkan Denada Wisnu mengakui jika dirinya telah melakukan klarifikasi dengan pengawas JDS, Arif Hammad Wibowo. Sebab, dari informasi yang berkembang, perusakan diduga dilakukan oleh anggota JDS.

"Sudah saya klarifikasi. Kebetulan, saat peristiwa terjadi, saya sedang ke apotek untuk membeli obat. Kemudian dikabari jika rumahnya didatangi sejumlah orang dan melakukan perusakan," kata Denada.

BACA JUGA: Pertamina Temukan Sumber Migas Baru di Blok Rokan dengan Potensi 3.000 BOPD

Menurut Denada, saat ini kasus perusakan tersebut kini sudah selesai pada tahap mediasi. Ia juga telah bertemu dengan pelaku dan pelaku juga sudah memberikan ganti rugi dan minta maaf.

"Pelaku juga telah mengungkapkan jika tindakannya tidak ada kaitannya dengan JDS," katanya.

Kronologi Kejadian

Polres Bantul telah melakukan penyelidikan dan memeriksa delapan orang yang diperiksa terkait dengan perusakan rumah yang kerugiannya ditaksir mencapai puluhan juta tersebut.

Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana pada Senin (15/7/2024) mengatakan berdasarkan keterangan saksi mata, rumah D, 36, diserang oleh empat orang terduga pelaku yang awalnya datang mengendarai mobil Daihatsu Ayla, pada Minggu (14/7/2024) sore.

Mereka menabrakkan mobilnya ke sepeda motor yang ada di lokasi. Setelah itu, mereka turun dan mengeluarkan senjata tajam dan botol minuman keras.

Setelah itu, rombongan terduga pelaku mendatangi warga dan menanyakan keberadaan D.

Karena saat kejadian D, diketahui tidak berada di lokasi kejadian. Para terduga pelaku langsung melakukan perusakan.

"Kaca jendela di bagian depan rumah pecah. Kendaraan yang terparkir, televisi, dan kulkas juga dirusak. Untuk total kerugian sekitar Rp70 juta," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 13 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga Avtur di Indonesia Tertinggi se Asean, Bos AirAsia: 28 Persen Lebih Mahal dari Malaysia

News
| Minggu, 08 September 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement