Advertisement

Pemberdayaan Masyarakat, Penyandang Disabilitas Dibantul Dapat Pelatihan Berternak Bebek

Newswire
Kamis, 18 Juli 2024 - 21:37 WIB
Maya Herawati
Pemberdayaan Masyarakat, Penyandang Disabilitas Dibantul Dapat Pelatihan Berternak Bebek Bupati Bantul Abdul Halim Muslih pada pelatihan budi daya ternak bebek bagi penyandang disabilitas Bantul. (ANTARA - HO/Kominfo Pemkab Bantul)

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Penyandang disabilitas di Kabupaten Bantul dapat pelatihan budi daya ternak bebek. Peserta pelatihan kali ini adalah anggota paguyuban difabel di Kelurahan Trimurti, Srandakan, Bantul.

"Pemerintah terus melakukan upaya-upaya memberikan bantuan dan keterampilan bagi para penyandang disabilitas agar lebih produktif, mampu mandiri, dan sejahtera," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di Bantul, Kamis (18/7/2024).

Advertisement

Menurut dia, pelatihan ternak bebek bagi paguyuban difabel oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bantul juga sebagai bagian dari optimalisasi pemda dalam memberikan kesempatan penyandang disabilitas mendapatkan keterampilan, kompetensi, serta penguasaan di berbagai bidang keahlian.

Langkah tersebut juga sesuai amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 bahwa penyandang disabilitas atau difabel berhak mendapat pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan kesejahteraan.

"Pemerintah juga menyerap berbagai macam aspirasi dari lingkungan penyandang disabilitas ini untuk kemudian setahap demi setahap kita tindak lanjuti. Kegiatan program pemerintah ini terus kita tingkatkan," katanya.

Sekretaris Disnakertrans Bantul Mujahid Amrudin mengatakan pelatihan ternak bebek yang dilakukan pada Senin (15/7) di Trimurti Srandakan diikuti lima kelompok penyandang disabilitas yang terdiri dari 20 orang.

BACA JUGA: Uang Ganti Rugi Tol Jogja-Solo Telah Dibayarkan Rp4 Triliun

Menurut dia, pelatihan budi daya ternak tersebut guna memberdayakan penyandang difabel agar tetap produktif di tengah keterbatasan.

"Pelatihan tersebut sebagai bentuk komitmen untuk memfasilitasi penyandang disabilitas agar lebih produktif dan memiliki keahlian kerja, dan memberikan pengetahuan serta keterampilan peserta dalam mengelola usaha peternakan sehingga mampu berwirausaha," katanya.

Dia juga mengatakan instansinya juga telah melaksanakan lima paket pelatihan bagi penyandang disabilitas pada empat kecamatan Bantul selama tahun 2024, berupa pelatihan budi daya ternak bebek, ternak ayam dan pelatihan tata boga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement