Advertisement

Perhelatan WJNC #9 Kembali Digelar, Angkat Tema Gatotkaca Wirajaya

Media Digital
Jum'at, 19 Juli 2024 - 17:17 WIB
Maya Herawati
Perhelatan WJNC #9 Kembali Digelar, Angkat Tema Gatotkaca Wirajaya Peluncuran poster dan merchandise WJNC 9 di Balai Kota Jogja, Jumat (19/7/2024) - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

JOGJA—Salah satu perheletan seni pertunjukan yang diinisiasi Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Jogja, Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #9 akan kembali digelar 7 Oktober 2024 mendatang. Pertunjukan ini merupakan kegiatan dalam rangka menyemarakkan HUT Kota Jogja.

Sebanyak 14 kemantren akan menampilkan karya seni pertunjukan dengan berbagai properti wayang kreasi warga masing-masing kemantren. Nantinya, iring-iringan wayang akan melintas di sekitaran Tugu Jogja.

Advertisement

Sekretaris Dispar Kota Jogja Muhammad Zandaru menjelaskan WJNC merupakan event street art. Ini bukan menjadi satu-satunya acara milik Dispar Jogja.

Namun, masyarakat juga turut terlibat aktif pada kegiatan ini. Dia menyebut WJNC #9 ini menjadi upaya untuk mengerek jumlah wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung, maka pendapatan asli daerah (PAD) meningkat, pembangunan masyarakat Kota Jogja akan terus bisa berlanjut. Masyarakat lebih sejahtera dan jadi cita-cita kita semua," jelas Zandaru saat jumpa pers di Balai Kota Jogja, Jumat (19/7/2024).

Zandaru menuturkan WJNC telah masuk dalam top 100 Karisma Event Nusantara pada 2021. Lalu, pada 2024 ini WJNC telah berhasil masuk ke jajaran top 10 Karisma Event Nusantara.

BACA JUGA: Pembangunan TPSS di Puncak Bucu Dihentikan, DLH Minta Jaminan Keamanan

WJNC dinilai menjadi sebuah event yang bisa memberikan multiplayer effect. Sebab, turut melibatkan partisipasi masyarakat, pelaku UMKM, hingga wisatawan.

Zandaru menyebut tak ada target soal jumlah kunjungan pada gelaran WJNC kali ini. Namun, tren antusiasme WJNC dari tahun ke tahun terbilang tinggi.  

Pada 2023, jumlah penonton WJNC yang hadir langsung mencapai 40.000 orang. "Lalu ada 150.000 orang yang menonton lewat streaming," katanya.

Untuk menghidupkan atmosfer WJNC, Dispar Kota Jogja turut menggelar berbagai rangkaian acara pra-WJNC. Mulai dari pameran, lomba lari, podcast, hingga kegiatan yang melibatkan pelaku UMKM di Kota Jogja.

"Kegiatan ini diberi nama Road to WJNC, harapannya atmosfernya sudah terasa sebelum Oktober," katanya.

Tim Kreatif WJNC #9 RM Kristiadi menuturkan tema besar yang akan dibawa adalah Gatotkaca Wirajaya. Ini merupakan kumpulan cerita tokoh wayang Gatotkaca mulai dari lahir hingga kematiannya dalam perang Baratayuda.

Tokoh Gatotkaca merupakan tokoh wayang favorit HB IX pada saat itu. Gatotkaca dikenal sebagai tokoh wayang yang sangat kuat dan berani.

Diharapkan, dapat mencerminkan kekuatan yang besar serta semangat kebangsaan dan bela negara rakyat Indonesia.

"Semoga bisa menginspirasi kita semuanya, sebagai manusia punya darma atau tugas. Dari situlah, Gatotkaca memberi tauladan atas kesetiaan kita terhadap darma," katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement