Advertisement

HUT ke-193 Bantul, Bawaslu Bantul Dorong Partisipasi Masyarakat dalam Pilkada 2024

Media Digital
Sabtu, 20 Juli 2024 - 15:27 WIB
Maya Herawati
HUT ke-193 Bantul, Bawaslu Bantul Dorong Partisipasi Masyarakat dalam Pilkada 2024 Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bantul turut berpartisipasi dalam kirab peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-193 Bantul di Lapangan Trirenggo, Sabtu (20/7/2024). Dalam perayaan tersebut, Bawaslu Bantul berupaya mendorong masyarakat terlibat dalam pengawasan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Ist - bawaslubantul

Advertisement

BANTUL—Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bantul turut berpartisipasi dalam kirab peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-193 Bantul. Dalam perayaan tersebut, Bawaslu Bantul berupaya mendorong masyarakat terlibat dalam pengawasan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ketua Bawaslu Bantul, Didik Joko Nugroho menyampaikan Bawaslu Bantul berusaha menyampaikan beberapa pesan kepada masyarakat terkait dengan penyelenggaraan Pilkada. Dia menuturkan beberapa pesan yang disampaikan kepada masyarakat antara lain terkait potensi kerawanan selama Pilkada 2024.

Advertisement

"Kami mengajak masyarakat tetap berpartisipasi aktif selama pemilihan bupati dan wakil bupati," katanya dalam peringatan HUT Bantul ke 193 di Lapangan Trirenggo, Sabtu (20/7/2024).

Dia menuturkan dalam perayaan HUT Bantul tersebut, Bawaslu Bantul menyuarakan beberapa pesan terkait potensi kerawanan Pilkada 2024 secara visual melalui busana dan alat peraga yang digunakan kontingen Bawaslu yang berpartisipasi dalam kirab.

Beberapa potensi kerawanan Pilkada yang divisualisasikan dalam kirab tersebut, antara lain terkait black campaign atau kampanye hitam, politik uang, dan hoaks yang perlu dipahami masyarakat.

Melalui visualisasi potensi kerawanan Pilkada 2024 tersebut, dia berharap dapat turut mengedukasi masyarakat. Sehingga, potensi kerawanan tersebut dapat diantisipasi.

"Kami juga mengajak masyarakat untuk nyawiji ngawasi, artinya mari bersama bersatu padu melakukan pengawasan Pilkada," ujarnya.

BACA JUGA: Pilihkan Anak-Anak Cemilan Sehat, Cek Panduan Ini

Dia pun berharap partisipasi masyarakat dalam Pilkada dapat maksimal terutama dalam pengawasan penyelenggaraan Pilkada. Dia juga berharap penyelenggaraan Pilkada 2024 di Bantul dapat berlangsung dengan aman dan tertib.

"Sehingga dapat tercipta pemilihan bupati dan wakil bupati yang partisipatif," ujarnya.

Dia menuturkan kontingen Bawaslu Bantul yang turut berpartisipasi dalam perayaan tersebut mencapai sekitar 70 orang. Mereka terdiri dari anggota Bawaslu Bantul, serta perwakilan pengawasan Pilkada tingkat kapanewon dan kalurahan. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement