Advertisement

Momen Pembersihan Lahir Batin, Disbud Kulonprogo Gelar Jamasan 14 Pusaka

Triyo Handoko
Jum'at, 26 Juli 2024 - 06:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Momen Pembersihan Lahir Batin, Disbud Kulonprogo Gelar Jamasan 14 Pusaka Suasana jamasan pusaka yang digelar Dinas Kebudayaan Kulonprogoterhadap 14 pusakanya di Alun-alun Wates pada Kamis (25/7 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebanyak 14 pusaka di Bumi Binangun dilakukan jamasan atau pembersihan di Alun-alun Wates oleh Dinas Kebudayaan (Disbud) pada Kamis (25/7/2024).

Jamasan pusaka ini diselenggarakan pada Muharram yang diyakini sebagai moment yang tepat dalam tradisi Jawa untuk pembersihan lahir dan batin. Pusaka yang dimandikan dalam ritual khusus ini terdiri dari 12 pusaka milik 12 kapanewon di seluruh Bumi Binangun dan dua pusaka dari Keraton Ngayogyakarta dan Kadipaten Pakualam.

Advertisement

BACA JUGA: Disbud Kota Jogja Gelar Sarasehan Adat Tradisi, Bahas Upacara Jamasan Pusaka Tombak Kyai Wijaya Mukti

Sebelum dilakukan jamasan, pusaka ini dibawa dengan iring-iringan dari Museum Bale Agung, Sekretariat Daerah Kulonprogo. Pusaka yang diberikan Keraton Ngayogyakarta diberi nama Kanjeng Kyai Bantar ANgin, sedangkan pemberian Kadipaten Pakualam diberi nama Pusaka  Kanjeng Kyai Amiluhur.

Kepala Disbud Kulonprogo, Eka Pranyata menjelaskan gelaran ini adalah bagian dari pelestarian budaya. Gelaran jamasan pusaka ini, jelas Eka, baru kali ini diselenggarakan secara serentak.

Prosesi jamasan juga tak sebatas pemandian pusaka tapi juga dilakukan dengan ritual khusus, seperti diawali kirab budaya, kenduri, hingga pagelaran wayang kulit pada Kamis malam.

Penyelenggaraan jamasan secara meriah, lanjut Eka, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat pada kekayaan tradisi di Bumi Binangun. Disbud Kulonprogo juga menyelenggarakan pameran keris yang terbuka untuk masyarakat agar jadi wadah edukasi kebudayaan.

Antusiasme masyarakat mengikuti jamasan pusaka ini, menurut Eka, juga cukup tinggi dimana diperkirakan saat gelaran wayang kulit nanti berlangsung meriah. "Kekayaan tradisi ini dari pusaka yang kami miliki, hingga ritual-ritual yang ada diharapkan diketahui dan turut dijaga dan diwariskan ke generasi muda agar terus lestari," jelasnya.

Sementara itu Staf Ahli Bupati Kulonprogo, Triyanto Raharjo yang hadir mewakili Penjabat Bupati menyebut kekayaan budaya ini mengandung nilai-nilai sosial yang mesti terus dilestarikan. "Nilai budayanya adalah gotong royong, saling menghormati, menjaga kerukunan, sampai kebersamaan, semua itu penting untuk terus diwariskan," ungkapnya.

Jamasan pusaka juga momen yang tepat bagi masyarakat untuk membersihkan diri, jelas Triyanto, dalam merefleksi kehidupan sehari-harinya. "Ini momen yang tepat untuk refleksi dan evaluasi agar selalu menjadi pribadi yang baik dan unggul," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement