Advertisement

Pemda DIY Beri Penghargaan 10 Anak dan 3 Kelompok Budaya

Yosef Leon
Selasa, 30 Juli 2024 - 14:57 WIB
Sunartono
Pemda DIY Beri Penghargaan 10 Anak dan 3 Kelompok Budaya Suasana penganugerahan penghargaan Apresiasi Prestasi Seni dan Budaya Anak oleh Pemda DIY, Selasa (30/7/2024) di Bangsal Kepatihan. - Harian Jogja/Yosef Leon.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Pemda DIY memberikan penghargaan kepada 10 anak dan tiga kelompok organisasi karena dinilai berperan di bidang seni dan budaya. Upaya ini dilakukan untuk keberlanjutan regenerasi terhadap generasi muda dalam mengembangkan budaya sekaligus menumbuhkan semangat internalisasi budaya, baik melalui subjek dan objek kebudayaan. 

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY Dian Lakshmi Pratiwi mengatakan, dalam hal subjek kebudayaan, pendekatan, sosok atau figur menjadi salah satu upaya yang efektif dalam memberikan pembelajaran inspirasi bagi teman sebaya. Bahkan diharapkan dapat memberikan motivasi sejak dini kepada masyarakat secara umum terkait upaya-upaya internalisasi seni dan budaya kepada anak. 

Advertisement

BACA JUGA : Pokjanis Sumbu Filosofi Gagas Program Sufi Ekonomi, Kendali dan Budaya

"Dalam penganugerahan penghargaan ini, sebelumnya kami telah melaksanakan publikasi informasi sebagai bagian dari penjaringan bakal calon penerima," kata Dian di Bangsal Kepatihan Kompleks Kantor Gubernur DIY, Selasa (30/7/2024). 

Publikasi kegiatan dilaksanakan melalui situs web dan akun sosial media Dinas Kebudayaan DIY sejak 6 Maret-15 Mei 2024. Calon peserta mengajukan berkas syarat administrasi yang dibutuhkan untuk dikirimkan, baik melalui laman daring yang sudah disediakan maupun luring dengan pengiriman langsung ke kantor Kundha Kabudayan DIY. 

"Selain syarat administrasi, kami juga meminta calon peserta untuk menyertakan foto dan video berisi karya dan atau aktivitas kebudayaan yang telah dilakukan peserta," ujarnya. 

Pada kategori perorangan, sedikitnya ada 49 nama yang lolos seleksi administrasi dan kemudian mengikuti seleksi wawancara sebagai konfirmasi data melalui penelitian kelengkapan berkas yang telah dikumpulkan. Selanjutnya 20 nama yang lolos seleksi wawancara melakukan seleksi bakat untuk mempresentasikan kemampuan dan keterampilannya serta ditetapkan 10 orang pemenang. 

"Proses penilaian baik seleksi administrasi, wawancara, dan bakat dari keterampilan masing-masing anak, aspek penilaian didasarkan pada unsur attitude, skill dan social efffect," katanya. 

Adapun kategori subjek penerima kelompok organisasi ada 11 nama yang telah memenuhi syarat administrasi. Pada tahap berikutnya dilanjutkan dengan proses penilaian yang meliputi penelaahan profil organisasi, kontinuitas, manajemen pengelolaan dan daya aruh terhadap masyarakat yang menetapkan tiga kelompok peraih penghargaan.

BACA JUGA : Berikut Agenda Budaya di Bantul Hari Ini Kamis 11 Juli 2024: Kirab Budaya, Jamasan Selo Gilang

Adapun penerima penghargaan kategori perorangan diberikan kepada Raden Nurwaskita Cahyo Darmawan, Keefe Juris Privian, Davin Mahatma, Alif Nur Aziz, Noviyanti Alfitri, Djanggan Purbo Djati, Danendra Bintang Ramadhan, Adhwa Tsabit Alfiyatul Hasanah, Dewi Mega Prastiwi, dan RR Nirwasita Pinesti Widawati. Sementara kategori organisasi diraih oleh Sanggar Sripanglaras, Sanggar Tari Anak Neng Nong dan Sanggar Seni RNB. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Calon Menteri Kabinet Prabowo Dijadwalkan Ikut Pembekalan di Akmil Magelang

News
| Rabu, 16 Oktober 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement