Advertisement

Berikut Agenda Budaya di Bantul Hari Ini Kamis 11 Juli 2024: Kirab Budaya, Jamasan Selo Gilang

Ujang Hasanudin
Kamis, 11 Juli 2024 - 07:57 WIB
Ujang Hasanudin
Berikut Agenda Budaya di Bantul Hari Ini Kamis 11 Juli 2024: Kirab Budaya, Jamasan Selo Gilang Arsip-Kirab Budaya Imogiri. - Dinas Pariwisata Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Bantul merupakan kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki banyak tempat wisata menarik dari wisata alamnya maupun destinasi wisata buatan. 

Tidak hanya wisata alamnya, namun Bantul juga menyimpan pesona budaya yang kaya dan memikat. Dikenal dengan keindahan alamnya, kultur yang mendalam, serta masyarakat yang ramah dan hangat, Bantul menjadi destinasi unggulan bagi para wisatawan yang ingin merasakan pengalaman spiritual dan budaya yang autentik.

Advertisement

bagi Anda yang sedang berada di Bantul berikut adalah jadwal agenda budaya di Bantul, hari ini, kamis 11 Juli 2024. Agenda budaya rutin tahunan ini terbuka untuk umum.

Kirab Budaya Imogiri

Dilansir dari Dinas Pariwisata Bantul, Kirab Budaya Imogiri merupakan tradisi dalam rangka nguras enceh. Dilaksanakan dari Terminal Imogiri menuju Terminal Pajimatan. Agenda ini berupa pengarakan “siwur” (gayung) untuk Upacara Nguras Enceh pada hari berikutnya.

Kirab budaya ini diikuti berbagai kelompok seni-budaya. Dalam perjalanannya rombongan akan mampir di Kabupaten Juru Kunci Kraton Kasunanan Surakarta dan Kabupaten Puralaya Kasultanan Ngayogyakarta Kirab ini akan dilaksanakan pada hari Kamis atau Senin Wage pada bulan Sura.

BACA JUGA: 15 Kelompok Bregodo Meriahkan Festival Bregodo Mbantul Kawula Mataram 2024

Tahun ini direncanakan dilaksanakan pada Kamis Wage, tanggal 11 Juli 2024, dimulai jam 13.00 WIB dari Halaman Kapanewon Imogiri.

Jamasan Selo Gilang

Upacara Adat Tradisi “Jamasan Selo Gilang “ dilaksanakan oleh masyarakat Dusun Mangir Lor-Tengah-Kidul Sendangsari Pajangan. Biasanya diadakan pada Kamis atau Senin Wage bulan Sura (mana yang lebih dahulu).

Tahun ini akan dilaksanakan pada hari Kamis Wage, tanggal 11 Juli 2024 mulai jam 20.00 WIB, di Petilasan Ki Ageng Mangir. Diawali dengan kirab dari Masjid menuju Petilasan Ki Ageng Mangir dilanjutkan doa bersama. Kemudian dilanjutkan dengan membersihkan batu yang dipercaya sebagai petilasan Ki Ageng Mangir. Dilanjutkan kenduri dan diakhiri dengan kembul bujana bersama.

Keunikan dari upacara adat ini adalah pengambilan air dari 7 sumber dilakukan oleh 7 pemuda yang diyakini masih perjaka. Ketujuh air dari sumber berbeda ini lalu dijadikan 1 untuk membersihkan/menjamas Selo Gilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement