Advertisement

Pemasangan Ratusan LPJU Kulonprogo Mulai Dikerjakan, Ditarget Rampung Agustus 2024

Triyo Handoko
Rabu, 31 Juli 2024 - 18:47 WIB
Sunartono
Pemasangan Ratusan LPJU Kulonprogo Mulai Dikerjakan, Ditarget Rampung Agustus 2024 Ilustrasi Perawatan Lampu Penerangan Jalan Umum - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemasangan ratusan lampu penerangan jalan umum (LPJU) mulai dilakukan di Kulonprogo. Targetnya pemasangan LPJU ini rampung pada 17 Agustus nanti sesuai momentum Hari Kemerdekaan.

UPT LPJU Dinas Perhubungan Kulonprogo menyebut total lampu yang dipasang itu sebanyak 201 unit. Kepala UPT LPJU, Iswanto menjelaskan semua pemasangan lapu ini dilakukan oleh pihak ketiga yang menang lelang.

Sebelum dilakukan pemasangan, jelas Iswanto, UPT LPJU sudah melakukan survei kelaikan pemasangan di tiap titiknya. Sehingga dijamin tidak terhalang atau rentan tertimpa pohon di sekelilingnya.

BACA JUGA : Tahun 2024, Ada Penambahan 720 Unit LPJU di Bantul

Advertisement

Selain memitigasi dari titik rawan, pemasangan lampu ini juga sudah dipastikan dengan tingkat kebutuhan penerangan jalan. "Kami melibatkan masyarakat, pamong kalurahan , sampai kapanewon juga dalam memasang lampu ini jadi dipastikan sesuai dengan titik yang dibutuhkan," terang Iswanto.

Iswanto menyebut daya tiap lampu penerangan jalan ini menggunakan listrik dari PLN. Koordinasi dengan PLN Wates juga akan segera dilakukan untuk memenuhi kebutuhan listrik tersebut.

Pembiayaan operasional listrik lampu jalan baru yang dipasang UPT LPJU ini akan dibebankan ke Pemkab Kulonprogo. "Nanti akan dipasang KWH Meter untuk memantau pembiayaannya, satu lokasi ada satu KWH Meter yang biasanya ada empat titik lampu," ungkapnya.

Peningkatan fasilitas lampu jalan ini diharapkan UPT LPJU turut dijaga dan dirawat masyarakat Bumi Binangun. "Berkaca dari beberapa kasus pencurian LPJU, pengadaan lampu baru yang sedang dipasang ini semoga turut dirawat bersama karena fasilitas umum yang untuk masyarakat juga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hasil Semifinal Sepak Bola Putra PON XXI: Jabar Melaju ke Final Usai Kalahkan Kalsel Lewat Drama Adu Penalti

News
| Senin, 16 September 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement