Advertisement

Sultan Mengapresiasi Demo Penolakan RUU Pilkada di Jogja Berlangsung Damai

Yosef Leon
Jum'at, 23 Agustus 2024 - 12:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Sultan Mengapresiasi Demo Penolakan RUU Pilkada di Jogja Berlangsung Damai Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan keterangan kepada wartawan, Jumat (23/8 - 2024) di Komplek Kepatihan, Danurejan, Kota Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengapresiasi unjuk rasa penolakan RUU Pilkada yang berlangsung dengan aman dan kondusif di wilayah setempat. 

Demo yang berlangsung pada Kamis (23/8/2024) kemarin itu digelar di sepanjang Malioboro. Ribuan massa dari berbagai profesi tumpah ruah mulai dari mahasiswa, akademisi, dan elemen lainnya. 

Advertisement

Massa bergerak dari TPA Abu Bakar Ali menuju DPRD DIY dan Titik Nol KM untuk menyuarakan tuntutannya dalam mengawal putusan MK soal batasan usia Pilkada 2024 yang rencananya dianulir DPR melalui RUU Pilkada. 

BACA JUGA: Ribuan Orang Gelar Aksi Demo di Malioboro Jogja, Dukung Putusan Mahkamah Konstitusi

Sultan mengatakan, dalam demokrasi masyarakat bebas menyuarakan dukungannya. Hanya saja jangan sampai dilaksanakan secara anarkis dan melanggar ketentuan hukum. Aspirasi harus disampaikan dengan damai. 

"Kemarin kan tidak ada pelanggaran hukum, ya tidak masalah orang itu namanya aspirasi," kata Sultan, Jumat (23/8/2024) di Kompleks Kepatihan, Danurejan, Kota Jogja. 

Sultan pun mengapresiasi massa demonstran yang telah menaati aturan dalam menyampaikan aspirasi. Sebab di berbagai daerah demonstrasi penolakan RUU Pilkada berlangsung dengan ricuh. 

"Prinsipnya demonstrasi dimungkinkan asal memberitahu polisi dan sebagainya," pungkas Sultan. 

BACA JUGA: Tak Hanya UGM, Mahasiswa, Dosen Hingga Rektor UII Turun Gunung Ikut Aksi Jogja Memanggil di Malioboro

Sebelumnya diberitakan ribuan massa tumpah ruah di sepanjang Malioboro menolak pengesahan RUU Pilkada. Mereka mengawali aksi dari TPA Abu Bakar Ali kemudian bergeser ke DPRD DIY dan kemudian bergerak ke Titik Nol KM Jogja. Berbagai profesi tergabung dalam aksi itu mulai dari mahasiswa, buruh, dan lain sebagainya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement