Advertisement

Bikin Inkubasi Bisnis, Pramuka DIY Dorong Pengusaha Muda

Triyo Handoko
Jum'at, 23 Agustus 2024 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Bikin Inkubasi Bisnis, Pramuka DIY Dorong Pengusaha Muda Suasana pembukaan perkemahan inkubasi bisnis program Saka Wirausaha yang diselenggarakanKwartir Daerah Pramuka DIY, Jumat (23/8/2024). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Puluhan anggota pramuka di DIY mengikuti inkubasi bisnis dalam program Saka Wirausaha, Jumat (23/8/2024). Kegiatan ini digelar untuk menciptakan pengusaha muda di kalangan pramuka.

Inkubasi bisnis ini digelar dalam konsep perkemahan yang diselenggarakan di Kampung Pramuka Putat, Kapanewon Pathuk.

Advertisement

Tak hanya pelatihan, para anggota pramuka dalam kegiatan tersebut juga dibekali pendampingan dan modal usaha. Adapun, total modal usaha yang diberikan kepada anggota pramuka dalam program Saka Wirausaha ini sekitar Rp75 juta.

Meskipun digelar dalam tiga hari, tetapi program tersebut berlangsung selama setahun ke depan dalam pendampingannya.

Wakil Ketua Kwartir Pramuka DIY, Edy Hari yang mewakili Ketua Kwartir Pramuka DIY, GKR Mangkubumi menyampaikan kegiatan tersebut untuk wadah bagi para anggota pramuka untuk mengasah kemampuan berbisnis mereka. “Khususnya generasi muda, agar mampu menciptakan lapangan kerja dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah,” jelasnya.

Program inkubasi bisnis ini, jelas Edy, juga sejalan dengan visi Pemda DIY dalam mendukung pencapaian pembangunan berkelanjutan. "Para peserta dapat mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif dan berkelanjutan, sehingga berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pelestarian lingkungan,” ucap dia.

Sementara itu Ketua Panitia Inkubasi Bisnis ini, Bio Hadikesuma menyambut Saka Wirausaha hanya dimiliki Pramuka DIY di Indonesia. "Sudah banyak contoh sukses peserta program ini, salah satunya  anggota kami dari Gunungkidul yang mampu membiayai kuliahnya sendiri dari bisnisnya yang diajarkan dalam kegiatan ini," terangnya.

Bio menerangkan inkubasi bisnis ini diberikan dalam metode praktik langsung. "Tidak hanya teori bisnis tapi juga praktik langsung, bagi kelompok usaha yang omzetnya tertinggi dapat bantuan modal terbanyak," paparnya.

Peserta perkemahan bisnis ini, lanjut Bio, dari seluruh perwakilan anggota Saka Wirausaha tiap kabupaten/kota. "Harapannya program ini terus berlanjut karena terbukti berdampak positif dalam pengembangan wirausahawan muda, khususnya dalam lingkungan pramuka.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ramai Soal Akun Fufufafa, Sufmi: Prabowo Tak Pernah Mempersoalkan

News
| Kamis, 12 September 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement