Advertisement

SMP Stella Duce 2 Yogyakarta Bekali Siswa Mitigasi Bencana

Lugas Subarkah
Jum'at, 30 Agustus 2024 - 20:57 WIB
Arief Junianto
SMP Stella Duce 2 Yogyakarta Bekali Siswa Mitigasi Bencana Siswa dan warga SMP Stella Duce 2 Yogyakarta mengikuti pelatihan mitigasi bencana, Jumat (30/8/2024). - Istimewa/SMP Stella Duce 2 Yogyakarta

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—SMP Stella Duce 2 Yogyakarta bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja menggelar pelatihan mitigasi bencana, Jumat (30/8/2024). Dari kegiatan ini diharapkan siswa lebih siap menghadapi berbagai potensi bencana.

Pelatihan mitigasi bencana ini merupakan respon atas kondisi saat ini, dimana potensi bencana gempa bumi seperti megatrust atau gempa lainnya menjadi ancaman masyarakat. Peserta didik perlu mengetahui mitigasi bencana karena bencana bisa saja terjadi di waktu kegiatan sekolah.

Advertisement

Kepala SMP Stella Duce 2, RV Banu Hastha Kunjana, menjelaskan edukasi terkait kebencanaan, menjadi sebuah kegiatan yang sangat berguna dalam memberikan pemahaman terhadap seluruh warga sekolah. “Terutama para siswa supaya bisa mengambil tindakan yang tepat pada saat terjadi bencana,” ujarnya.

Bertempat di halaman sekolah dan aula pendopo, kegiatan ini menjadi menarik dan para siswa cukup antusias ketika narasumber dari BPBD Kota Jogja menyampaikan materi. “Penjelasan disampaikan dengan cukup komunikatif dengan memberikan yel-yel mitigasi, terlebih lagi ketika simulasi dilaksanakan situasi menjadi makin menarik,” paparnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dipraktikkan secara sederhana penanganan apabila ada korban dalam suatu bencana dan bagaimana prosedur pelaporannya. “Kegiatan edukasi yang diikuti oleh seluruh siswa peserta didik bertujuan mengenalkan dan meningkatkan kepedulian siswa tentang kebencanaan,” katanya.

Diharapkan para siswa mampu melakukan upaya pencegahan dini dan tindakan awal yang harus dilakukan saat bencana terjadi bencana. “Terutama kalau bencana gempa bumi terjadi di sekolah. Dari simulasi ini pula diharapkan anak-anak serta guru pendidik dan staf mampu mengetahui macam-macam bencana yang dapat terjadi di sekitar kita serta mengetahui cara ecakuasi,” paaparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement